PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMA Negeri 1 Lotu, ditemukan masalah yaitu (1) penggunaan strategi pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan (2) Rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di SMA Negeri 1 Lotu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode eksperimen semu (quasi eksperimen design). Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lotu dan sampel penelitian adalah kelas XI IPS 2 dan kelas XI IPS 3 yang berjumlah 42 orang. Teknik pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling. Dan instrumen penelitian berbentuk soal uraian kemampuan berpikir kreatif matematis. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan pengujian hipotesis satu pihak, diperoleh thitung sebesar 9,727 dan ttabel sebesar 1,684. Karena thitung = 9,727 ttabel = 1,684., maka tolak H0 dan terima Ha yang berarti : Ada pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA Negeri 1 Lotu.
Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi, Kemampuan Berpikir Kreatif matematis
Full Text:
PDFReferences
Arrahim dan Rika. (2019). Efforts To Improve Ability To Solve Mathematical Problems By Problem Solving Models In Elementery School. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. V0l. 9(1), 9-14 https://doi.org/10.21831/didaktika.v2i1.28092
Astria, R. B., dan Anggun, B. K. (2023). Analisis pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Jurnal pendidikan matematika. Volume 6(2). Hal. 112-119. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2647
Dewi, S. H. (2020). Pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Seminar nasional pendidikan. FKIP UNMA.
Evendi, H., Yossie, R., dan Dani, Z. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi dalam pembelajaran matematika. Jurnal pengabdian masyarakat. Vol. 2(2). ISSN: 2828-5700 (online). https://doi.org/10.56799/joongki.v2i2.1454
Fauzy, A. (2019). Metode Sampling. Tangerang Selatan. Universitas Terbuka
Hasan Muhammad, et al. (2023). Pendidikan Dan Sumber Daya Manusia, Menggagas Peran Pendidikan Dalam Membentuk Modal Manusia. CV Tahta Media Grup.
Pane, Rezeki, N. et al. (2022). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Jurnal multidisiplin ilmu. Volume 1(3), 173-180.
Ritin Uloli. 2020. Berpikir Kreatif Dalam Penyelesaian Masalah. Jember. RFM PRAMEDIA.
Rukminingsih, et al., (2020). Metode Penelitian Pendidikan (penelitian kuantitaif, penelitian kualitatif, penelitian tindakan kelas). Yogyakarta. CV Bumi Maheswari
Sahir. (2021). Metodologi Penelitian. Medan. KBM Indonesia
Safaria, S. A., & Muhammad, S. S. (2018). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Jurnal Al-Ta’dib. Vol. 11(2).
Widiarsi, I, N. (2020). Keefektifan model PBL Tehadap hasil belajar IPA siswa. Jurnal pendidikan indonesia. Vol. 1(4).
Munandar Utami. (2022). Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif Dan Bakat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Muhlisah, et al. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis Siswa SMA. Jurnal pendidikan matematika. Vol. 07(3), 2793-2803. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2762
DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i2.3815
Article Metrics
Abstract view : 35 timesPDF - 34 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.