Pengembangan LKPD Berbasis PBL Materi Sistem Persamaan Linear SMAN 2 Pulau Punjung

Chindy Yulia Amanda

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya bahan ajar pendamping untuk memahami materi yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi sistem persamaan linear di SMA Negeri 2 Pulau Punjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Produk yang dikembangkan berupa LKPD berbasis problem based learning pada materi sistem persamaan linear. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi, lembar praktikalitas dan pedoman wawancara. Hasil uji validitas LKPD berbasis problem based learning, diperoleh hasil validitas sebesar 86,84% dengan kategori sangat valid. Nilai praktikalitas yang diujikan kepada guru mata pelajaran matematika sebesar 87,5% dengan kategori sangat praktis dan nilai akhir praktikalitas dengan siswa sebesar 89,6% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis problem based learning pada materi sistem persamaan linear dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan oleh guru dan siswa di SMA Negeri 2 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya.

 

Kata Kunci: LKPD, Problem Based Learning, Sistem Persamaan Linear


Full Text:

PDF

References


Abdillah, D. M., & Astulti, D. (2021). Pelngelmbangan lelmbar kelrja pelselrta didik (LKPD) belrbasis problelm-baseld lelarning (PBL) pada topik suldult. Pythagoras: Julrnal Pelndidikan Matelmatika, 15(2), 190–200. https://doi.org/10.21831/pg.v15i2.36444

Asdamayanti, N., Nasultion, El. Y. P., & Sari, M. (2023). Analisis Kelmampulan Pelmelcahan Masalah Matelmatis Siswa Madrasah Aliyah pada Matelri SPLTV. Julrnal Celndelkia : Julrnal Pelndidikan Matelmatika, 7(2), 1141–1152. https://doi.org/10.31004/celndelkia.v7i2.2084

Astulti, A. (2021). Pelngelmbangan Lelmbar Kelrja Pelselrta Didik (LKPD) Belrbasis Problelm Baseld Lelarning (PBL) ulntulk Kellas VII SMP/MTs Mata Pellajaran Matelmatika. Julrnal Celndelkia : Julrnal Pelndidikan Matelmatika, 5(2), 1011–1024. https://doi.org/10.31004/celndelkia.v5i2.573

Branch, R. M. (2009). Delsain Instrulksional : Pelndelkatan ADDIEl. In Instrulctional Delsign: Thel ADDIEl Approach.

Daimah, Ul. S., & . S. (2023). Pelmbellajaran Matelmatika pada Kulrikullulm Melrdelka dalam Melmpelrsiapkan Pelselrta Didik di Elra Socielty 5.0. Selpreln, 4(02), 131–139. https://doi.org/10.36655/selpreln.v4i02.888

Hardi, I., & Tasman, F. (2021). Pelngelmbangan Lelmbar Kelrja Pelselrta Didik Belrbasis Problelm Baseld Lelarning Pada Pokok Bahasan Matriks Kellas Xi Sma / Ma. Julrnal Eldulkasi Dan Pelnellitian Matelmatika, 10(2), 70–73.

Kamarulllah, K. (2017). Pelndidikan Matelmatika Di Selkolah Kita. Al Khawarizmi: Julrnal Pelndidikan Dan Pelmbellajaran Matelmatika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729

Khairulnnisa, Jamilah, & Risalah, D. (2024). Pelngelmbangan Modull Ajar Matelmatika Belrbasis Problelm Baseld Lelarning Telrhadap Kelmampulan Pelmelcahan Masalah. Julrnal Kelpelndidikan: Julrnal Hasil Pelnellitian Dan Kajian Kelpulstakaan Di Bidang Pelndidikan, Pelngajaran Dan Pelmbellajaran, 6(1), 1053–1064. https://julrnal.stkippelrsada.ac.id/julrnal/indelx.php/jpimat/articlel/vielw/3200/pdf

Lelstari, R., & Lulbis, A. (2023). Pelngarulh Modell Projelct Baseld Lelarning Delngan Meldia Visulal Telrhadap Keltelrampilan Belrpikir Kritis. JMPM: Julrnal Matelmatika Dan Pelndidikan Matelmatika, 8(1), 15–27. https://doi.org/10.26594/jmpm.v8i1.3631

Magdalelna, I., Prabandani, R. O., Rini, El. S., Fitriani, M. A., & Pultri, A. A. (2020). Analisis Pelngelmbangan Bahan Ajar. Julrnal Pelndidikan Dan Ilmul Sosial, 2(2), 170–187. https://eljoulrnal.stitpn.ac.id/indelx.php/nulsantara

Mullbasari, A. S., Marhamah, M., & Robiyatuln, R. (2021). Pelngelmbangan LKPD Belrbasis Problelm Baseld Lelarning (PBL) pada Matelri Program Linelar. Julrnal Pelndidikan Matelmatika Ulnpatti, 2(2), 28–34. https://doi.org/10.30598/jpmulnpatti.v2.i2.p28-34

Ningsih, El., Haryono, Y., & Mardiyah, A. (2019). Pelngarulh Pelnelrapan Pelmbellajaran Problelm Baseld Lelarning telrhadap Kelmampulan Komulnikasi Matelmatis Siswa. 549–561.

Pultri, Y. El., Sulryani, M., & Yulnita, A. (2023). Pelngelmbangan Lelmbar Kelrja Pelselrta Didik (Lkpd) Belrbasis Problelm Baseld Lelarning (Pbl) Pada Matelri Statistika Di Sma Nelgelri 1 Batipulh Kabulpateln Tanah Datar. PHI: Julrnal Pelndidikan Matelmatika, 7(2), 171. https://doi.org/10.33087/phi.v7i2.313

Ramadanti, F., Multaqin, A., & Helndrayana, A. (2021). Pelngelmbangan El-Modull Matelmatika Belrbasis PBL (Problelm Baseld Lelarning) pada Matelri Pelnyajian Data ulntulk Siswa SMP. Julrnal Celndelkia : Julrnal Pelndidikan Matelmatika, 5(3), 2733–2745. https://doi.org/10.31004/celndelkia.v5i3.759

Safithri, R., & Sapultri, R. (2023). Pelngelmbangan Bahan Ajar Matelmatika Belrbasis Problelm Baseld Lelarning Matelri SPLDV Kellas X SMA. Julrnal Celndelkia : Julrnal Pelndidikan Matelmatika, 7(1), 784–795. https://doi.org/10.31004/celndelkia.v7i1.1827

Sasi, P. K., Nulro, F. R. M., & Sahara, I. F. (2023). Pelnelrapan Pelmbellajaran Problelm Baseld Lelarning (Pbl) Delngan Alat Pelraga Ulntulk Melningkatkan Hasil Bellajar Matelri Pelmbagian. Prismatika: Julrnal Pelndidikan Dan Riselt Matelmatika, 5(2), 304–315. https://doi.org/10.33503/prismatika.v5i2.2765

Yosafat Hadi Manapa, I., Maul Telllul Dony, P., Marielt Dulka, W. R., Kelgulrulan dan Ilmul Pelndidikan, F., & Tribulana Kalabahi, Ul. (2024). Pelrbandingan Modell Pelmbellajaran PBL dan PBL yang Dimodifikasi Delngan Pelndelkatan Eltnomatelmatika. 6(1).




DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i2.3825

Article Metrics

Abstract view : 21 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.