Efektivitas Penggunaan Media MathCard Untuk Melatih Keterampilan Matematika Siswa SD
Abstract
Proses pembelajaran matematika tidak lepas dari peran seorang guru dan siswa. Guru sebagai fasilitator dituntut untuk memanfaatkan teknologi dan mengembangkan media dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media MathCard dalam meningkatkan keterampilan matematika siswa SD. Riset ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menerapkan desain pra-eksperimen menggunakan pola one group pretest posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SDMT, sedangkan Teknik untuk pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan cluster random sampling yaitu siswa kelas IV Al Bayan (kelas eksperimen) dan Al Furqon (kelas kontrol). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil perhitungan nilai signifikansi (Sig.) sampel nilai posttest pada kelas kontrol dan eksperimen yang lebih kecil dari taraf signifikansi (Sig. = 0.00), maka dapat disimpulkan bahwa data dalam penelitian memiliki varian yang sama. Selanjutnya, pada kelas kontrol (konvensional) diperoleh persentase skor N-Gain sebesar 44.7460% sedangkan untuk kelas eksperimen (game based learning) diperoleh persentase N-Gain sebesar 76.287%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran game based learning menggunakan media MathCard lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan matematika dibandingkan metode konvensional.
Kata Kunci: Efektivitas, MathCard, Matematika
Full Text:
PDFReferences
Amaliya, I., & Fathurohman, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(1), 45–56. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jr pd.v5i1.7294
Aula, M. F. R. (2018). Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar dan Gender Peserta Didik Pada Pembelajaran PBL Berbantuan Asesmen Proyek. Universitas Negeri Semarang, 74.
Febriyanto, B. and Yanto, A. (2019) ‘Penggunaan media Flash Card untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Komunikasi
Pendidikan, 3(2), p. 108.https://doi.org/10.32585/jkp.v3i2.302
Hamzah, D. A. (2021). Metode Penelitian Kualitatif Rekonstruksi Pemikiran Dasar serta Contoh Penerapan Pada Ilmu Pendidikan, Sosial & Humaniora.
CV Literasi Nusantara Abadi
OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development), 2019: "Innovative Approaches to Teaching and Learning Mathematics: A Focus on the Use of Digital Technologies"
Ramli, M. (2012). Media dan Teknologi pembelajaran. Banjarmasin: IAIN
Antasari Press.
Rosdakaryanti, N. F., & Sumianto, S. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Menghambat Minat Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa SDN 008 Salo. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 608–614.
Sadiman, A. S dkk. (2007). Media Pendidikan.
Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D).
Syamsir Alam (2023) Hasil PISA 2022, Refleksi Mutu Pendidikan Nasional 2023, Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/opini/638003/hasil-pisa-
Yusuf, S. (2011). Psikologi Perkembangan
Anak dan Remaja. Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i2.3835
Article Metrics
Abstract view : 18 timesPDF - 10 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.