Pengaruh Scientific Approach Terhadap Konsep Kemamapuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP

Fortunaty Zalukhu

Abstract


Penelitian  ini dilatar belakangi karena kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang masih tergolong rendah, kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, siswa merasa gugup ketika diberikan kesempatan memberikan pertanyaan, dan metode pengajaran lebih banyak menggunakan  metode pembelajaran langsung tanpa memperhatikan emosional secara komprehensif dengan mempertimbangkan aspek efektif, kognitif dan psikomotor siswa.  Tujuan  penelitian ini adalah mengetahui apakah ada pengaruh Scientific Approch  terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa UPTD SMP Negeri 3 Gunungsitoli. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-a dan VIII-b di SMP Negeri 3 Gunungsitoli dengan jumlah siswa sebanyak 61 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan penelitian komparatif. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu: (1) Tes Awal; (2) Tes Akhir. Topik materi pelajaran adalah Segitiga dan Segiempat. Hasil penelitian ini adalah  adanya pengaruh Scientific Approach  terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah diberikan perlakuan pembelajaran. Untuk mengetahui pengaruh Scientific Approach ini melakukan uji statistic nonparametric dengan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil analisis data menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan meningkatkan pemahman konsep matematis siswa yang menerapkan  Scientific Approach. Berdasarkan dari hasil penelitian ini, guru dapat menggunakan pendekatan saintifik dalam pengajaran di kelas sehingga dapat menigkatkan kemampuam menghitung matematis siswa.

 

Kata Kunci: Scientific Approach, Kemampuan Pemahaman Konsep


Full Text:

PDF

References


Apriliani, A., dkk (2023). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Materi Persamaan Kuadrat dengan Pendekatan Saintifik pada Siswa Kelas IX MTs An-Nur Cikalongweta. Jurnal Pendidikan Matematika.

Amiruddin. (2022). Analisis Statistik Parametrik. Makassar: Yayasan Khalifah Cendekia Mandiri.

Daryanto (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum. Yogyakarta: Gava Media

Febriyani et. al. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal pendidikan matematika, 87-100. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/plusminus/article/view/pv2n1_08. di akses tanggal 16 April 2023

Hamalik, O. (2018). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya

Kartika, Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas Vii Smp Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal pendidikan tambusai, 777-785. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/25 .Diakses 16 April 2023

Kemendibuk (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A. Tentang Implementasi Kurikulum.(Online) http://urip.files.wordpress.com/2013/06/salinan-permendikbud-nomor-81a-tahun-2013-tentang-implementasi-kurikulum-garuda.pdf, diakses pada tanggal 2 Juni 2023.

Lestari. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT Refika Aditama.

Matrahim, dkk (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas V III SMP Negeri 10 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika.

Mawadah. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning).volume 4, Nomor 1. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/2292/0. diakses tanggal 16 April 2023

Rusman, R. (2014). Model-model Pembelajaran. Raja Grafindo Persada. Setiawan Andi. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Palangka Raya: Uwais Inspirasi Indonesia.

Siregar (2019). Perbedaan Hasil Belajar Matematika dan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik dan Pendekatan Konvensional. Ittihad: Jurnal Pendidikan, 3(1), 19–30. http://ejournalittihad.alittihadiyahsumut.or.id/index.php/ittihad/article/view/59 (diakses 19 mei 2024)

Sugiyono (2017). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suliyanto (2014). Statistik Non Parametrik, dalam Aplikasi Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset

Sutirna, (2013). Perkembangan dan Pertumbuhan Peserta Didik. ANDI OFFSET. Yogyakarta.

Trimawartinah. (2020). Bahan Ajar Statistik Non Parametrik. Uhamka

Unias. (2022). Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah. : Tidak Diterbitkan. Gunungsitoli. Universitas Nias.

Yolanda. (2020). Pemahaman Konsep Matematika Dengan Metode Discovery. Bogor : Guepedia

Yuliani, et.al. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kuok.

Yulianty, Nir. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Rafflesia. Vol. 01. No.1




DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i2.3843

Article Metrics

Abstract view : 28 times
PDF - 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.