Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Augmented Reality Matematika SMK

Ikke Afdolitha Zebua, Yulisman Zega, Yakin Niat Telaumbanua, Netti Kariani Mendrofa

Abstract


Gunungsitoli dan diperoleh bahwa hasil belajar siswa masih berkategori kurang dan bahan ajar yang digunakan masih terbatas. Pendidik juga jarang menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran berbasis teknologi Augmented Reality (AR) untuk materi matematika tingkat SMK. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4D, yang terdiri dari define, design, development, dan disseminate. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, angket validasi dan angket respon. Berdasarkan hasil penelitian, modul pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid baik dari segi materi, bahasa, dan media. Selanjutnya, modul pembelajaran juga sangat praktis dengan persentase kepraktisan pada tahap ujicoba sebesar 91%, pada tahap penyebaran sebesar 94%, dan persentase respon guru sebesar 91,42%. Modul pembelajaran juga sangat efektif dengan persentase ketuntasan klasikal pada uji kelompok besar sebesar 83,36% dan pada tahap penyebaran sebesar 90,60%. Dengan demikian, multimedia pembelajaran interaktif berbasis teknologi AR berupa modul pembelajaran yang dikembangkan sudah memenuhi harapan atau tujuan penelitian.

 

Kata Kunci: Multimedia, Augmented Reality (AR), Modul Pembelajaran, model 4D


Full Text:

PDF

References


Ariskasari, D., & Pratiwi, D. D. (2019). Desimal: Jurnal Matematika Pengembangan Modul Matematika Berbasis Problem solving pada Materi Vektor. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), 249–258. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/desimal/index.

Cai, S., Liu, E., Yang, Y., & Liang, J. C. (2019). Tablet-based AR technology: Impacts on students’ conceptions and approaches to learning mathematics according to their self-efficacy. British Journal of Educational Technology, 50(1), 248–263. https://doi.org/10.1111/bjet.12718

Endang, A., Kusumawati, P., & Anugrahana, A. (2024). Pengembangan Modul Matematika Materi Bangun Datar Berbasis Kearifan Lokal Lembata NTT pada Siswa Kelas IV SD. Journal on Education, 6(2), 13036–13047. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/5165

Haryani, M., Wahyuningtyas, R., Sakinah, Z. N., & Susilo, B. E. (2024). Studi Literatur: Penerapan Media Pembelajaran Augmented Reality dalam Pembelajaran Matematika Guna Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 359–367. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma

Ilahi, Mohammad Takdir. (2012). Pembelajaran Discovery Strategi & Mental Vocational Skill. Jogjakarta: Diva Press.

Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2925.

Ramli, H. (2022). MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. PARADIGMA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora.

Rismawati, M., Hidayat, M., Saputri, A. S., & Isa, R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Komik Materi Bentuk Aljabar Untuk Meningkatkan Literasi Siswa. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 7(1), 131–138. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v7i1.3930

Safitri, S., Wahab, A. J., Makassar, U. M., Pembelajaran, M., Learning, D., & Model, D. L. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X. 4, 439–445.

Saputri, N., Azizah, I. N., & Hernisawati, H. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Modul dengan Pendekatan Discovery Learning pada Materi Himpunan. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 48–58. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jmathedu/article/view/5594.

Wirawan, R., Nurul Faizah, A., Komputer, S., Bina Adinata Bulukumba, S., & Informasi, S. (2021). Implementasi Augmented Reality 3 Dimensi Pada Pembelajaran Matematika Di Sdn 134 Kalumpang. Jtriste, 8(2), 32–40.

Yolanda, F., & Hasanah, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1039–1051. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1218

Zhang, J., Huang, Y. T., Liu, T. C., Sung, Y. T., & Chang, K. E. (2023). Augmented reality worksheets in Penggunaan Augmented Reality dalam Pembelajaran Matematika: Sebuah Analisis Berdasarkan Studi Literatur - Meria Ultra Gusteti, Widdya Rahmalina, Khairul Azmi, Asrina Mulyati, Suci Wulandari, Rahmatul Hayati, Syariffan, Nurazizah DOI : https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.5963




DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i2.3858

Article Metrics

Abstract view : 23 times
PDF - 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.