Pengaruh Model Pembelajaran SSCS Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

idam kurnia hulu

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMP Negeri 1 Botomuzoi, ditemukan masalah yaitu (1) Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika (2) penggunaan model  pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Negeri 1 Botomuzoi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode eksperimen semu (quasi eksperimen design). Populasi penelitian adalah siswa kelas IX  SMP Negeri 1 Botomuzoi dan sampel penelitian adalah kelas IX-1 dan kelas IX-2 yang berjumlah 40 orang. Teknik pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling. Dan instrumen penelitian berbentuk soal uraian kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan pengujian hipotesis satu pihak, diperoleh thitung sebesar 2,205 dan ttabel sebesar 2,003. Karena thitung = 2,205 > ttabel = 2,003, maka tolak H0 dan terima Ha yang berarti : Ada pengaruh model pembelajaran search, solve, create and share (SSCS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP negeri 1 botomuzoi. Oleh sebab itu, penerapan SSCS dapat dilakukan di sekolah sehingga kemampuan pemecahan masalah siswa bisa meningkat.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran SSCS, Pemecahan Masalah matematis


Full Text:

PDF

References


Asmara,A & Septiana. A. (2023). Model Pembelajaran Berbentuk Masalah. Sumatera Barat : CV. Azka Pustaka

Azzahra, T.R., Agoestanto, A., & Kharisudin.I. (2023). Systematic Literature Review: Model Pembelajaran (Search, Solve, Create, and Share) SSCS terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika ,07(03): 2739-2751.

Chairani, N., Suprananto. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve,Create, and Share (SSCS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), Vol.10 No.2, (664-672). https://doi.org/10.29100/jp2m.v10i2.6037

Luthfiya, A., Valentina. B.K., Ningrum,F.Z., Islammudin,M., Zumrotun. (2021). MODEL PEMBELAJARAN SSCS (SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan 2021.

Murtini, I., Noviyanti, N.I., Mukti, W.R., Susriyati, M., 2023. Efektivitas Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create And Share) Berbasis Lesson Study Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Biolova 4 (1). 23-33.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang standar isi pendidikan dasar dan menengah

Rangkuti, D & Salamah, R.S. (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Sscs Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(4), 466-470.

Rismawati, M. (2016). Mengembangkan Peran Matematika Sebagai Alat Berpikir Ilmiah Melalui Pembelajaran Berbasis Lesson Study, Vox Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. 7(2):203-215.

Rismawati, M., Irawan, E.B., Susanto, H. (2017). Struktur Koneksi Matematis Siswa Kelas X Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 2 (4), 465-469.

Sari,M.Y., Rohana & Ningsih, Y.L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Search Solve Create And Share (SSCS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Negeri 28 Palembang. Jurnal Perspektif Pendidikan, 13(2), 92-102.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i2.3860

Article Metrics

Abstract view : 24 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.