Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika

Grace Novita Telaumbanua

Abstract


Penelitian ini didorong oleh masalah rendahnya prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika, yang berdampak pada nilai akademik mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya prestasi belajar siswa di mata pelajaran matematika pada kelas VIII di SMP Swasta Bunga Mawar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP Swasta Bunga Mawar, dan teknik pengumpulan data melibatkan angket prestasi belajar, tes hasil belajar, serta wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari enam indikator prestasi belajar, semuanya termasuk dalam kategori rendah dengan rata-rata persentase 52,80%. Berdasarkan data angket dari 30 siswa, prestasi belajar dikategorikan menjadi dua tingkat: 1) prestasi belajar rendah dengan persentase 63,33% (19 siswa) dan 2) prestasi belajar sedang dengan persentase 36,67% (11 siswa). Selain itu, analisis hasil pembelajaran siswa mengungkapkan rata-rata pencapaian belajar sebesar 60,06, yang termasuk dalam kategori rendah.

 

Kata Kunci: Analisis, Prestasi Belajar, Faktor-Faktor


Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Jurnal Edumaspul, 6(1), 974-980.

Arsana, I. K., Suarjana, M., & Arini, N. W. (2019). Pengaruh Penggunaan Mind Mapping berbantuan Alat Peraga Tangga Garis Bilangan terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2),99–107. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18511.

Hamza H.M. Ali & Dra Muhlisrarini . (2018). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Jehadus, E., Jeramat, E., San, S., & Setian, L. (2022). Hubungan Antara Bimbingan Belajar Dan Motivasi Belajar Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Journal Of Songke Math, 5(2), 48–55.

Khuluqo, I. E., (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Belajar

Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. PeTeKa, 3(2), 107-114.

Marlina. 2019. Asesmen Kesulitan Belajar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sarosa, S. (2021). Analisis data penelitian kualitatif. Pt Kanisius.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tiwira, & Nurhasanah. (2021). Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Belajar Menggunakan Google Classroom pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 2 Parbuluan. Jurnal Multidisiplin Madani, 1(1), 9-18.

Utami, F. N. (2020). Peranan Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SD. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 93-101.

Wahab, G., dan Rosnawati. (2021). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Palu. CV. Adanu Abimata. Palu

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83-90.




DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i2.3816

Article Metrics

Abstract view : 44 times
PDF - 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.