Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Berbasis Budaya Nias pada Tingkat SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran berbasis budaya Nias menggunakan PowerPoint pada materi transformasi geometri yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Latar belakang penelitian ini adalah hasil observasi di UPTD SMP Negeri 2 Gunungsitoli Utara yang menunjukkan bahwa siswa kesulitan memahami konsep pembelajaran, serta guru belum memanfaatkan media pembelajaran berbasis budaya dalam proses pengajaran. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D yang meliputi tahap define, design, development, dan disseminate. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tes hasil belajar, angket validasi, dan angket respon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dinilai valid dari segi materi, bahasa, dan media. Media ini juga sangat praktis, dengan tingkat kepraktisan sebesar 90,4% pada tahap ujicoba, 92,1% pada tahap penyebaran, dan mendapat respon positif dari guru sebesar 94%. Selain itu, media ini juga terbukti efektif untuk meningkatkan minat terhadap pembelajaran matematika, dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 83,87% pada uji kelompok besar dan 87,09% pada tahap penyebaran. Oleh karena itu, media pembelajaran berbasis budaya Nias ini telah memenuhi tujuan dan harapan penelitian di tingkat SMP.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, PowerPoint, Budaya Nias
Full Text:
PDFReferences
Ariskasari, D., & Pratiwi, D. D. (2019). Desimal: Jurnal Matematika Pengembangan Modul Matematika Berbasis Problem solving pada Materi Vektor. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), 249–258. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/desimal/index.
Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180
Marius, A., Wedyawati,N., Rismawati, M. (2020). MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DENGAN PEMBELAJARAN BERBANTUAN POWER POINT. JUTECH: Journal Education and Technology 1 (1): 27-39
Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2925.
Saputri, N., Azizah, I. N., & Hernisawati, H. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Modul dengan Pendekatan Discovery Learning pada Materi Himpunan. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 48–58. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jmathedu/article/view/5594.
Setiana, D. S., Ayuningtyas, A. D., Wijayanto, Z., & Kusumaningrum, B. (2021). Eksplorasi etnomatematika Museum Kereta Kraton Yogyakarta dan pengintegrasiannya ke dalam pembelajaran matematika. Ethnomathematics Journal, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/ej.v2i1.36210
DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i2.3867
Article Metrics
Abstract view : 37 timesPDF - 29 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.