Analisis Buku Teks Matematika KurikAnalisis Buku Teks Matematika Kurikulum Merdeka Berdasarkan Aspek Literasi Matematika PISAulum Merdeka Berdasarkan Aspek Literasi Matematika PISA
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan jenis-jenis soal pada buku teks matematika SMP kelas VII edisi 2021 dari Kemdikbud dalam Kurikulum Merdeka yang mendukung kemampuan literasi matematika siswa. Analisis terhadap 223 soal menunjukkan bahwa 69,30% merupakan soal serupa PISA, lebih tinggi dibanding edisi sebelumnya di Kurikulum 2013 yang hanya mencapai 49,26%. Proporsi konteks soal PISA paling dominan adalah konteks sosial (55,03%), sedangkan konten yang paling sering muncul adalah ketidakpastian dan data (34,23%) serta kuantitas (33,56%). Proses yang paling sering diterapkan adalah penggunaan konsep matematika, fakta, prosedur, dan penalaran (employ) dengan proporsi 55,70%. Meskipun terjadi peningkatan jumlah soal serupa PISA, persebaran tiap aspek PISA dalam buku ini masih kurang merata. Hal ini mengindikasikan perlunya guru menggunakan sumber belajar tambahan untuk melengkapi materi dalam buku teks tersebut. Secara keseluruhan, kualitas buku teks matematika dalam Kurikulum Merdeka menunjukkan peningkatan dalam mendukung literasi matematika dibandingkan edisi kurikulum sebelumnya, dengan proporsi soal PISA yang lebih tinggi dan variasi konten yang lebih kaya.
Kata Kunci: Buku Teks, Kurikulum Merdeka, Literasi Matematika, PISA
Full Text:
PDFReferences
Anifarka, A., & Rosnawati, R. (2023). Analisis Buku Teks Matematika SMP Berdasarkan Tingkat Kognitif pada Taksonomi Bloom Revisi dan Numerasi pada AKM. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2151–2166. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.1701
Bori?i?, M. D., Vuli?, I., & Videnovi?, M. (2020). Mathematical Literacy and Assessment: Differences Between the PISA Study Paradigm and Mathematics Teachers’ Conceptions. Malta Review of Educational Research, 14, 101–121.
Fridatama, T. dan A. N. W. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Pokok Bahasan Persamaan Garis Singgung Lingkaran di SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM), 5(5), 201–210.
Hasanah, M., & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Pada Soal Matematika PISA Konten Quantity dan Konten Change and Relationship. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(2), 157. https://doi.org/10.24014/juring.v5i2.13785
Manfaluthy, M. H., & Yuhana, Y. (2024). Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus Menggunakan Three Tier-Test Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 293–302. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i1.3814
Nurwahid, M. (2023). Setrategi Internalisasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Matematika: Sebuah Pendekatan Inovatif. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 8(3 SE-Articles), 225–236. https://doi.org/10.32938/jipm.8.3.2023.225-236
Ojose, B. (2011). Mathematics literacy : are we able to put the mathematics we learn into everyday use? Journal of Mathematics Education, 4(1), 89–100.
Reddy, V. N. F. V. R. C. P. H. (2011). TIMSS 2011 Encyclopedia, 849. In Sciences Research Council. (Vol. 1).
Salsabilah, Sherina Ayu & Rahaju, E. B. (2022). MATHE dunesa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 21–29. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/25554/23429
Samsinar, S. (2019). Urgensi Learning Resources ( Sumber Belajar ). Jurnal Kependidikan, 13, 194–205.
Suharyono, E., & Rosnawati, R. (2020). Analisis Buku Teks Pelajaran Matematika SMP ditinjau dari Literasi Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 451–462. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.819
Vebrian, R., Putra, Y. Y., Saraswati, S., & Wijaya, T. T. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Kontekstual. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2602. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4369
Winarsih, R., Ansori, H., & Noorbaiti, R. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Kelas Vii Pada Konsep Keliling Dan Luas Segitiga. Jurmadikta, 4(1), 84–91. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v4i1.2256
DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i2.3906
Article Metrics
Abstract view : 30 timesPDF - 47 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.