ANALISIS KESALAHAN DENGAN TAHAPAN NEWMAN BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN FLORENCE LITTAUER MATERI SPLTV

susilawati susilawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV) dengan menggunakan tahapan Newman, serta mempertimbangkan pengaruh tipe kepribadian menurut Florence Littauer terhadap kesalahan tersebut. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian terdiri dari siswa kelas SMA Mujahidin Pontianak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan siswa dapat dikategorikan berdasarkan lima tahapan Newman, yaitu membaca, memahami, mengubah, menyelesaikan, dan menuliskan jawaban. Selain itu, analisis juga mengungkapkan hubungan antara tipe kepribadian siswa dan jenis kesalahan yang terjadi. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang bermanfaat bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan adaptif sesuai dengan kebutuhan siswa dengan merancang intervensi yang lebih tepat dan adaptif.

 

Kata Kunci: analisis kesalahan, tahapan Newman, tipe kepribadian, Florence Littauer, SPLTV


Full Text:

PDF

References


Al-Khateieib, M. A. (2019). "Eirror Analysis in Matheimatics Eiduication: A Cognitivei Peirspeictivei." Jouirnal of Eiduicational Reiseiarch and Reivieiws, 7(2), 45-54.

Arslan, C. (2018). "Uindeirstanding Stuideints' Matheimatical Eirrors and Misconceiptions: Thei Casei of Fuinctions." Inteirnational Jouirnal of Matheimatical Eiduication in Scieincei and Teichnology, 49(1), 32-51.

Cleimeints, D. H., & Sarama, J. (2016). Leiarning and Teiaching Eiarly Math: Thei Leiarning Trajeictorieis Approach. Rouitleidgei.

Hidayat, W., & Saragih, S. (2019). "Deiveilopmeint of Stuideints' Matheimatical Uindeirstanding and Eirrors Throuigh Leiarning Activitieis." Jouirnal of Matheimatics Eiduication Reiseiarch, 8(2), 81-93.

Littauieir, F. (1992). Peirsonality Pluis: How to Uindeirstand Otheirs by Uindeirstanding Youirseilf. Neiw York: Touichstonei.

Mahmuidi, A., & Widodo, A. (2018). "Analysis of Matheimatical Eirror Patteirns: Application of Neiwman Eirror Cateigorieis in Probleim Solving." Juirnal Peindidikan Mateimatika, 12(3), 183-192.

Neiwman, M. (1983). Thei Neiwman Proceiduirei: A Neiw Meithod for thei Teiaching of Probleim Solving in Matheimatics. Neiw York: Eiduicational Puiblishing.

Nuirdiana, N., & Tanjuing, N. (2020). "Analisis Keisalahan Siswa dalam Meimeicahkan Masalah Mateimatika deingan Peindeikatan Kuialitatif." Juirnal Peindidikan Mateimatika, 6(1), 45-56.

Puispitasari, N., & Widodo, S. (2019). "Thei Influieincei of Peirsonality Typeis on Stuideint Leiarning Difficuiltieis in Matheimatics." Jouirnal of Eiduicational Psychology, 15(1), 93-104.

Saragih, S., & Napituipuilui, Ei. Ei. (2015). "Matheimatical Eirror Analysis Baseid on Neiwman Proceiduirei: A Casei Stuidy in Algeibra Leiarning." Jouirnal of Matheimatics Eiduication, 10(2), 207-221.

Suiheindra, A. (2018). "Peingaruih Tipei Keipribadian teirhadap Keisalahan Siswa dalam Peimbeilajaran Mateimatika." Juirnal Peineilitian Peindidikan, 15(3), 237-245.

Suisanti, D., & Rahmawati, F. (2021). "Eirror Analysis of High School Stuideints in Solving Quiadratic Eiquiations Baseid on Neiwman’s Proceiduirei." Juirnal Ilmiah Peindidikan Mateimatika, 7(1), 44-52.

Tuirguit, S., & Baykuil, Y. (2020). "Ideintifying Stuideints' Misconceiptions in Matheimatics throuigh Eirror Analysis." Inteirnational Jouirnal of Eiduication in Scieincei, Teichnology and Matheimatics, 9(3), 134-146.

Widodo, S., & Muirtini, T. (2017). "Peiran Tipei Keipribadian dalam Peimbeilajaran Mateimatika: Stuidi 7Kasuis pada Siswa Seikolah Meineingah." Juirnal Ilmiah Peindidikan Mateimatika, 3(2), 75-82.

Yuismin, R., & Arifin, Z. (2018). "Eirror Analysis of Stuideints' Matheimatical Probleim Solving Uising Neiwman’s Eirror Analysis Proceiduirei." Jouirnal of Matheimatics Eiduication, 9(1), 54-63.

.




DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i2.3932

Article Metrics

Abstract view : 18 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.