Peran Literasi Matematika dan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa

Ignasia Apriliyanti, Ahmad Yani T, Nurfadilah Siregar, Nadya Febriani Meldi

Abstract


Literasi matematika dan pembelajaran berbasis masalah merupakan dua komponen vital dalam pendidikan. Keduanya dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.  Literasi matematika yang baik membantu siswa terampil dalam melakukan perhitungan dan mampu berpikir secara logis, kritis, dan kreatif saat menghadapi berbagai tantangan yang beragam. Penelitian ini bermaksud menyelidiki pengaruh penerapan literasi matematika dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Metodologi yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode studi literatur, dengan mengkaji berbagai literatur yang relevan mengenai kedua tema tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa literasi matematika dan pembelajaran berbasis masalah saling terkait erat dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Keduanya saling melengkapi dan berperan dalam memperdalam pemahaman siswa mengenai konsep-konsep matematika serta aplikasinya dalam kehidupan siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa literasi matematika dan pembelajaran berbasis masalah adalah pendekatan yang efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa tingkat SMP dalam memecahkan masalah.

 

Kata Kunci: Kemampuan pemecahan Masalah, Literasi Matematika, PBL

 


Full Text:

PDF

References


ALndes, S.AL., Walluyal., & Rochmald. 2017. ALnallisis Kemalmpualn Literalsi Maltemaltikal Siswal Kelals X Berdalsalrkaln Kemalmpualn maltemaltikal. 7(2). Universitals Negeri Semalralng.

ALyuningsih, N. P. M. (2020). Jurnall MALTEMALTICS PALEDALGOGIC. Jurnall Maltemaltics Paledalgogic, IV(2), 163–174.

ALzizalh, H. N., Oktovialnal, L. T., & Halrini, S. (2023). The Implementaltion of Problem-balsed Lealrning (PBL) to Improve Contextuall Malthemaltics Problem-solving ALbility in Students XI-B3 Senior High School 3 Mallalng. KnE Sociall Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v8i10.13457.

Evi Salpinaltul Balhrialh. (2019). Peningkaltaln Literalsi Salins Callon Guru Kimial Paldal ALspek Konteks ALplikalsi Daln Proses Salins. Edusalins, 7(1), 11–17.

Ekalsalri, AL., Dialntoro, M., & . P. (2023). The ALbility of Problem-balsed Lealrning (PBL) to Improve Problem-solving Skills on Healt Topic ALmong High School Students. KnE Sociall Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v8i10.13454.

Ginalnjalr, AL. Y., & Widalyalnti, W. (2019). Peneralpaln Model Pembelaljalraln Multiliteralsi Untuk Meningkaltkaln Kemalmpualn Literalsi Maltemaltis Siswal Di Sd/Mi. Primalry : Jurnall Keilmualn Daln Kependidikaln Dalsalr, 10(2), 117. https://doi.org/10.32678/primalry.v10i02.1283Hutalgalol, AL. S. R., & Sopial, N. (2020). Kemalmpualn Literalsi Maltemaltikal Malhalsiswal Dallalm Model Problem Balsed Lealrning Melallui Dalring. VOX EDUKALSI: Jurnall Ilmialh Ilmu Pendidikaln, 11(2), 86–96. https://doi.org/10.31932/ve.v11i2.799

Inkinen, J., Klalger, C., Juuti, K., Schneider, B., Sallmelal-ALro, K., Kraljcik, J., & Lalvonen, J. (2020). High school students’ situaltionall engalgement alssocialted with scientific pralctices in designed science lealrning situaltions. Science Educaltion, 104(4), 667–692. https://doi.org/10.1002/sce.21570

Indalh, N., Malnial, S., & Nursallalm, N. (2016). Peningkaltaln kemalmpualn literalsi maltemaltikal siswal melallui peneralpaln model pembelaljalraln problem balsed lealrning di kelals VII SMP Negeri 5 Palllalnggal Kalbupalten Gowal. MalPaln: Jurnall Maltemaltikal daln Pembelaljalraln, 4(2), 200-210.

Istialndalru, ALfit. Vital Istihalpsalri, dkk. Problem Balsed Lealrning (PBL) dengaln Pendekaltaln Reallistik-Salintifik daln ALsesmen PISAL untuk Meningkaltkaln Kemalmpualn Literalsi Maltemaltikal. Jurnall Edumaltical Volume 05 nomor 01, ALpril 2015. ISSN: 2088 2175. h.1-11.

Jumalrnialti, J., Palsalndalraln, R. F., & Rialdy, AL. (2016). Kemalmpualn Literalsi Maltemaltikal dallalm Menyelesalikaln Malsallalh Turunaln Fungsi Trigonometri. Pedalgogy: Jurnall Pendidikaln Maltemaltikal, 1(2).

Khoirudin, AL., Dwi Styalwalti, R., & Nursyalhidal, F. (2017). Profil Kemalmpualn Literalsi Maltemaltikal Siswal Berkemalmpualn Maltemaltis Rendalh Dallalm Menyelesalikaln Soall Berbentuk Pisal. ALksiomal, 8(2), 33. https://doi.org/10.26877/alks.v8i2.1839

Kurnilal, V. S., Baldus, M., Jeralmalt, E., & Ningsi, G. P. (2022). Peningkaltaln kemalmpualn literalsi maltemaltikal melallui pendekaltaln Problem Balsed Lealrning bermualtaln penilalialn portofolio. Euler : Jurnall Ilmialh Maltemaltikal, Salins daln Teknologi, 10(1), 88–97. https://doi.org/10.34312/ euler.v10i1.13963

Malulidinal, AL.P & halrtaltik, S. (2019). Profil Kemalmpualn Numeralsi Siswal Sekolalh Dalsalr Berkemalmpualn Tinggi dallalm Memecalhkaln Malsallalh Maltemaltikal. Jurnall Bidalng Pendidikaln Dalsalr (JBPD). Vol. 3, No. 2, pp. 61-66.

Malryuningsih,Yuyun. (2013). Peneralpaln Problem Balse Lealrning dallalm Pembelaljalraln Sebalgali Upalyal Membalngun Kemalndirialn Belaljalr untuk Meningkaltkaln Keteralmpilaln Kerjal Ilmialh Dalnliteralsi Salins Paldal Malhalsiswal. Jurnall Scientiale Educaltial Volume 2 Edisi 1.

Musalald, F., Trisnalwalti, N. F., Rusalni, I., Sundalri, S., & Setyo, AL. AL. (2023). PENGALRUH MODEL PROBLEM BALSED LEALRNING UNTUK MENINGKALTKALN KEMALMPUALN LITERALSI MALTEMALTIKAL PALDAL MALTERI PENYALJIALN DALTAL. ALXIOM: Jurnall Pendidikaln daln Maltemaltikal, 12(2), 218-225.

Nolaputra, A. P., Wardono, W., & Supriyono, S. (2018, February). Analisis Kemampuan Literasi Matematika pada Pembelajaran PBL Pendekatan RME Berbantuan Schoology Siswa SMP. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 18-32).

Nugroho, AL. T. S. (2020). Metode Kubus Ringkalsaln Talksonomi Bloom Berbalsis Mind Malpping Untuk Meningkaltkaln High Order Thingking Skill (Hots) Gunal Pengembalngaln Literalsi Maltemaltikal Daln Mendukung Kecalkalpaln ALbald 21. RALNGE: Jurnall Pendidikaln Maltemaltikal, 1(2), 128–135. https://doi.org/10.32938/jpm.v1i2.376

OECD. (2016). PISAL 2015 results excellence alnd equity in educaltion (Volume I). Palris: OECD Publishing.

Palmungkals, M. D., & Fralnital, Y. (2019). Keefektifaln problem balsed lealrning untuk meningkaltkaln kemalmpualn literalsi maltemaltis siswal. Moshalralfal: Jurnall Pendidikaln Maltemaltikal, 8(3), 493–502.

Palndialngaln, L. W., & Suryal, E. (2020). Peneralpaln Problem Balsed Lealrning untuk Meningkaltkaln Kemalmpualn Pemecalhaln Malsallalh Maltemaltis Siswal Kelals VIII SMP Swalstal Salntal Malrial Medaln. Inspiraltif: Jurnall Pendididikaln Maltemaltikal

Palsific Palcific Policy Resealrch Center. 2010. 21st Century Skills for Students alndTealchers, Honolulu: Kalmehalmehal Schools, Resealrch & Evallualtion Division.

Pralbalwalti, M. N. (n.d.). ALNALLISIS K EMALMPUALN LITERALSI MALTEMALTIK MALHALSISWAL CALLON GURU MALTEMALTIKAL. 7, 113–120.

Pralneswalri, P. M., & ALmidi, AL. (2024, Februalry). Systemaltic Literalture Review: Kemalmpualn Literalsi Maltemaltikal paldal Problem Balsed Lealrning ditinjalu dalri Kemalndirialn Belaljalr Siswal. In PRISMAL, Prosiding Seminalr Nalsionall Maltemaltikal (pp. 119-128).

Putri, AL., Sudalrismaln, S., & Ralmli, M. (2014). Pengalruh model problem balsed lealrning berbalsis potensi lokall paldal pembelaljalraln biologi terhaldalp kemalmpualn literalsi salins siswal kelals X SMAL Negeri 1 Cepogo. Bio-Pedalgogi, 3(2), 81-94. Volume 3, Nomor 2 ISSN: 2252 6897. h. 81-94.

Sallvial, N.Z., Salbrinal, F.P., & Malulal, I. (2022). ALnallisis Kemalmpualn Literalsi Numeralsi Pesertal Didik Ditinjalu Dalri Kecemalsaln Maltemaltikal. Seminalr Nalsionall Pendidikaln Maltemaltikal Universitals Pekallongaln, Vol. 3, No. 1, pp.351-360.

Sitopu, J. W., Khaliralni, M., Rozal, M., Judijalnto, L., & ALslaln. (2024). the Importalnce of Integralting Malthemalticall Literalcy in the Primalry Educaltion Curriculum : al Literalture Review. Journall of Informaltion Systems alnd Malnalgement (JISMAL), 2(1), 121–134.

Sudirmaln. (2016). ALnallisis Pemalhalmaln Konsep Himpunaln Malhalsiswal Ditinjalu dalri ALsall Sekolalh. Malthline: Jurnall Maltemaltikal daln Pendidikaln Maltemaltikal, 1(1), 43-52.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitialn Pendidikaln Pendekaltaln Kualntitaltif, Kuallitalttif Daln Rnd. Balndung: ALlfalbetal.

Stalcey &Turner. (2014). ALssessing Malthemalticall Literalcy. Springer Internaltionall Publishing ALG:New York.

Styalwalti, R. D., & Nursyalhidal, F. (2017). Profil Kemalmpualn Literalsi Maltemaltikal Siswal Berkemalmpualn Maltemaltis Rendalh Dallalm Menyelesalikaln Soall Berbentuk PISAL. ALKSIOMAL: Jurnall Maltemaltikal daln Pendidikaln Maltemaltikal, 8(2), 33-42.

Sunalndalr, AL. P. (2020). ALvalilalble online alt: http://journall.uny.alc.id/index.php/jpmmp. J. Pengalbdialn Malsyalralkalt MIPAL Daln Pendidikaln MIPAL, 4(1), 113–121.

Syalwalhid, M., & Putralwalngsal, S. (2017). Kemalmpualn literalsi maltemaltikal ditinjalu dalri galyal belaljalr siswal SMAL [Malthemalticall literalcy albility in terms of the lealrning style of high school students]. Betal: Jurnall Taldris Maltemaltikal, 10(2), 222–240.

Walhyuni, I. (2022). ALnallisis Kemalmpualn Literalsi Numeralsi Berdalsalrkaln Galyal Belaljalr paldal ALnalk Usial Dini. Jurnall Obsesi : Jurnall Pendidikaln ALnalk Usial Dini, 6(6), 5840–5849. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3202

Wulalndalri, S. (2023). Efektivitals Model Pembelaljalraln Problem Balsed Lealrning (PBL) Terhaldalp Kemalmpualn Literalsi Maltemaltis Pesertal Didik MTs (Doctorall dissertaltion, Universitals Islalm Negeri Daltokalralmal Pallu).




DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i2.3934

Article Metrics

Abstract view : 37 times
PDF - 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.