Dampak Kolaborasi Prezi dengan Model SOLE terhadap Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep dan disposisi matematis peserta didik SMK Negeri 5 Bandar Lampung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SOLE berbantuan Prezi terhadap pemahaman konsep dan disposisi matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasy eksperimental design dengan desain yang digunakan adalah posttest only group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas X DKV dan X DPK SMK Negeri 5 Bandar Lampung. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan MANOVA. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan MANOVA diperoleh nilai sig sebesar 0,033 dengan taraf signifikansi yang telah ditetapkan yaitu ? = 0,05 yang berarti menunjukkan bahwa nilai ??? < 0,05 maka menolak ?0?? dan menerima ?1??. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE) berbantuan Prezi terhadap pemahaman konsep matematis dan disposisi matematis peserta didik SMK Negeri 5 Bandar Lampung.
Kata Kunci: SOLE, Prezi, Pemahaman Konsep, Disposisi Matematis
Full Text:
PDFReferences
Abdul Karim, Dini Savitri, & Hasbullah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Di Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(2), 63–75.
Abyan, Z. N., Wijoyo, S. H., & Wardhono, W. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Self Organized Learning Environments ( SOLE ) pada Kegiatan Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(10), 4693–4700.
Berk, A. (2019). Students ’ Experiences in Learning and Using Prezi in Higher Education Yüksekö?renimdeki Ö?rencilerin Prezi ’ yi Ö?renme ve Kullanma Deneyimleri. 8(3), 928–946.
Fitria Rahma, Indah dan Ariani, N. (2023). Monograf Model Belended Learning Berbasis Projek Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Dan Pemahaman Konsep Matematis. Widiana Bhakti Persada.
Hasanah, N., Maysarah, S., & Mardianto. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Sole Melalui Aplikasi Google Classroom Terhadap Kemampuan Disposisi Matematis. Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Sains, 1(3), 14–19.
Nurkamilah, M. (2015). Disposisi Matematis : Salah Satu Tujuan Pembelajaran Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya Mathematical Disposition : One of the Objective of Learning. Disposisi Matematis : Salah Satu Tujuan Pembelajaran Matematika Untuk Anak Usia Dini, 82–87.
PISA. (2023). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia. Oecd, 1, 1–9.
Purnomo, Sutadji, E., Utomo, W., Purnawirawan, O., Farich, R., A.S., S., M., R. F., Carina, A., & R., N. G. (2022). Analisis Data Multivariat. Omera Pustaka.
Rahayu, A. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environments) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa. Junal Paradigma, 12, 88–106.
Revulton, G., Elindra, R., Lubis, R., & Matematika, P. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran SOLE terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dikelas VIII SMP Negeri 2. 6(2), 48–61.
Rusyfian, Z. (2016). Prezi : Solusi Presentasi Masa Kini. Informatika Bandung.
Suciati, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Self Organized Learning Environments (SOLE) untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Polimer. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 321–328.
Widyastuti, D., Kartini, T., & Kantun, S. (2020). Penggunaan Media Prezi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang (Studi Kasus Pada Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2018/2019). JURNAL Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 14(1), 171.
Widyastuti, R., Suherman, Anggoro, B. S., Negara, H. S., Yuliani, M. D., & Utami, T. N. (2020). Understanding Mathematical Concept: The Effect of Savi Learning Model with Probing-Prompting Techniques Viewed from Self-Concept. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1).
DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i2.3952
Article Metrics
Abstract view : 36 timesPDF - 13 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.