Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa

Sri Putria, Ahmad Yani T

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi komposisi fungsi. Studi ini melibatkan 36 siswa kelas XI dari SMA Negeri 1 Tebas, terdiri dari 22 perempuan dan 14 laki-laki. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dengan komponen perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL menghasilkan hasil belajar yang lebih baik bagi siswa. Pada tahap pra-siklus, nilai rata-rata siswa adalah 68,78 dengan persentase ketuntasan sebesar 44,44%; kemudian, setelah diterapkan pada siklus I, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 72,46 dengan persentase ketuntasan sebesar 55,56%; dan pada siklus II, nilai rata-rata siswa mencapai 80,12 dengan persentase ketuntasan sebesar 83,33%. Model ini meningkatkan motivasi siswa untuk belajar dan memungkinkan mereka untuk berpartisipasi lebih aktif dalam proses pembelajaran. PBL disarankan untuk materi abstrak yang membutuhkan pemahaman mendalam, seperti komposisi fungsi.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Komposisi Fungsi dan Problem Based Learning


Full Text:

PDF

References


Ahwan, M. T. R., Basuki, S., & Mashud. (2023). Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa melalui Aktivitas Kebugaran Jasmani Menggunakan Model Project Based Learning ( PjBL ) SMA Negeri 3 Banjarbaru. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 9(1), 106–119.

Assulamy, H., Disma, D. R. I., Sulistiyaningrum, F., Aunurrahman, & Warneri. (2024). Mata pelajaran informatika dalam kurikulum merdeka pada pendidikan kesetaraan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 4301–4308.

Hasyim, P. H., & Abadi, A. P. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMK Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor. 06(01), 4877–4883.

Iryanto, N. D. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebagai Sistem Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Inovatif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3829–3840. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1415

Kamaruddin, I., Subrayanti, D., Viktor Purhanudin, M., Amri, N., Negeri Makassar, U., P Pettarani, J. A., Rappocini, K., Makassar, K., Selatan, S., Bina Insani Sakti, A., & Sri Sudewi Maschun Sofwan Kawasan Sentiong Kec Sungai Bungkal, J. D. (2024). Project Based Learning (PjBL) Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Mahasiswa : Tinjauan Pustaka. Journal on Education, 06(03), 17734–17743.

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru ? 1(2).

Mufarrohah, M., & Setyawan, A. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V SD. Journal of Education for All, 2(2), 80–87. https://doi.org/10.61692/edufa.v2i2.111

Ningrum, A. K. P., Novaliyosi, & Nindiasari, H. (2024). Systematic Literature Review: Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa. Jurnal Educatio, 10(3), 873–880.

Puspitasari, I. A., Studi, P., Matematika, P., Mulawarman, U., Timur, K., & Scholar, G. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika. Prosiding, 2, 75–92. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/1248%0Ahttps://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/download/1248/830

Said, M., Arismunandar, Fauzan, M. M., & Saputra, I. E. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 33 Kota Makassar Kelas IX. Unes Law Review, 6(2), 6863–6871.

Semarang, U. N. (2021). PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA. 13(2), 187–200. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.871

Shelemo, A. A. (2023). No Title????. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.

Sinaga, M., & Silaban, S. (2020). Implementasi Pembelajaran Kontekstual untuk Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Siswa. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(1), 33. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i1.8051

Tahsinia, J., Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ). 3(2), 167–175.

Taufiqurrahman, M. (2023). Pembelajaran Abad 21 Berbasis Kompetensi 4C di Perguruan Tinggi. PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 7(1), 78–90. https://doi.org/10.32616/pgr.v7.1.441.78-90

Utami, N. I., Sudirman, S., & Sukoriyanto, S. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Komposisi Fungsi. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1), 1. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i1.8268

Wulandari, S. (2021). Studi Literatur Penggunaan Pbl Berbasis Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 9(1), 7. https://doi.org/10.24252/jpf.v9i1.13818

Zulfah, Z., Maydawat, L., Yulianti, S., Tresno, M., & Irawan, H. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Fungsi Komposisi di Kelas X Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP) 2 SMKN 1 Tapung. Journal of Education Research, 4(3), 1560–1565. http://dx.doi.org/10.37985/jer.v4i3.292




DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i2.3975

Article Metrics

Abstract view : 32 times
PDF - 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.