LITERASI NUMERASI DAN KOMUNIKASI SISWA MENGGUNAKAN MODUL PROBLEM SOLVING BERMUATAN ETNOMATEMATIKA
Abstract
Ketersediaan bahan ajar yang masih belum sesuai dengan karakteristik dan lingkungan siswa. Bahan ajar yang digunakan di sekolah masih bersifat umum dan konvensional, sehingga perlu dikembangkan modul problem solving bermuatan etnomatematika. Pengembangan modul problem solving bermuatan etnomatematika berisikan langkah-langkah problem solving dan diintegrasikan dengan budaya etnomatematika. Melalui pengembangan modul diharapkan siswa dapat memahami materi yang disajikan dan dapat meningkatkan kemampuan yang dimilikinya. Kemampuan yang dapat ditingkatkan adalah kemampuan literasi numerasi dan komunikasi siswa Penelitian ini menggunakan metode R&D model 4D. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan nontes. Instrument tes berupa soal pretes dan postes literasi numerasi dan komunikasi. Nontes berupa angket respon siswa terhadap modul. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji U-Mann Whitney untuk menilai pengaruh produk terhadap literasi numerasi dan komunikasi.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul problem solving bermuatan etnomatematika layak digunakan sebagai bahar ajar. Hasil uji U-Mann Whitney didapatkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan literasi numerasi dan komunikasi siswa yang diimplementasikan modul problem solving bermuatan etnomatematika dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Literasi Numerasi, Kemampuan Komunikasi, Modul Problem Solving, Etnomatematika, Pemecahan Masalah
Full Text:
PDFReferences
Aiken, L. R. (1980). Content validity and reliability of single items or questionnaires. Educational and Psychological Measurement, 40(4), 955–959. https://doi.org/10.1177/001316448004000419
Atsnan, M. F., Gazali, R. Y., & Nareki, M. L. (2018). Pengaruh pendekatan problem solving terhadap kemampuan representasi dan literasi matematis siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 135–146. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i2.20120
Febriyanti Dyara Atmy, A. S. Q. (2020). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Ghozali, I. (2022). Statistik Non-Parametrik Teori dan Aplikasi dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.
Hasibuan, S. A., & Hasibuan, S. S. (2020). Efektivitas Bahan Ajar Matematika Berbasis Budaya Mandailing dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 141–152.
Hermawati, A., & Anawati, S. (2023). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 3(2), 275–282.
Ilaina, I., Ulya, H., & Sumaji, S. (2022). Pengembangan Aplikasi Mabar Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Edumatic : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(01), 49–59. https://doi.org/10.21137/edumatic.v3i01.493
Kemdikbud. (2020). Modul Numerasi Jenjang Sd.
Kemendikbud. (2017). Gerakan Literasi Nasional.
Lubis, R. N., Meiliasari, & Rahayu, W. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 7(2), 23–34. https://doi.org/10.21009/jrpms.072.03
Masjaya, & Wardono. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningatkan SDM. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 568–574.
Mawaddah Sukma. (2017). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Logis Dengan Pendekatan Etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidik Dan Pengembang Pendidikan Indonesia, 501–511.
Nugraha, Eka Arif; Yulianti, D., & ; Siti, K. (2012). Pembuatan bahan ajar komik sains inkuiri materi benda untuk mengembangkan karakter siswa kelas IV SD. Unnes Physics Education Journal, 1(2), 60–68.
Nuraini, T. F., Hakim, A. R., & Werdiningsih, C. E. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Perbandingan. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 58, 39–52.
OECD. (2023). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia. OECD (Organisation for Economic Co-Operation and Development) Publication, 1–9. https://www.oecd.org/en/publications/pisa-2022-results-volume-i-and-ii-country-notes_ed6fbcc5-en/indonesia_c2e1ae0e-en.html
Pambudhi, T., & Retnowati, T. H. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Berkarakter Nasionalisme Kelas Iv Sekolah Dasar Daerah Banyumas. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 71–85. https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15502
Pangestika Meita widian, Eko, S., & Viyanti. (2013). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA KOMPETENSI DASAR MENYELIDIKI SIFAT-SIFAT ZAT BERDASARKAN WUJUDNYA DAN PENERAPANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 55–65.
Pernanda, R., Darma, Y., & Irvandi, W. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Solving Bermuatan Ethnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 68–77. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.8097
Polya. (1973). HowToSolveIt.pdf (p. 284).
Pugalee, K. D. (2001). Using Communication to Develop Students Mathematical Literacy. Mathematics Teaching in The Middle School. 6(5), 296–299.
Sintiya, A., Hasan, B., & Affaf, M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Masalah Logaritma Berdasarkan Gaya Kognitif Visualizer-Verbalizer. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9(1), 57–74. https://doi.org/10.25139/smj.v9i1.3088
Syamsul Hadi, N. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Proseding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi.
Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Journal of School Psychology, 14(1), 75. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2
Ummah, M. S. (2019). Learning to Teach. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Sukarno, A. (2018). Development of an E-Module Based on Ethnomathematics to Improve Problem Solving Abilities. National Journal of Mathematics Education, 2(2), 268–283.
Widiantari, N. K. K., Suparta, I. N., & Sariyasa, S. (2022). Meningkatkan Literasi Numerasi dan Pendidikan Karakter dengan E-Modul Bermuatan Etnomatematika di Era Pandemi COVID-19. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 331. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.10218
DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i2.3982
Article Metrics
Abstract view : 32 timesPDF - 28 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.