PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SD KELAS III MEGGUNAKAN PEMBELAJARAN CTL

Melinda Rismawati, Yunista Yunista

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian  pada  Siswa Kelas III C SD Negeri 20 Mambok Tahun Pelajaran 2018/2019  menggunakan  pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri  dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III C SD Negeri 20 Mambok Tahun Pelajaran 2018/2019  yang berjumlah 28 orang siswa. Sumber data berasal dari siswa  kelas III C, guru kelas III C, kegiatan pembelajaran, dan dokumen. Alat pengumpul data yang  digunakan yaitu lembar observasi (guru dan siswa), soal tes, dan lembar angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran CTL  dapat meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Siswa . Aktivitas belajar siswa pada siklus I diperoleh rerata sebesar 89%  dengan  kriteria sangat baik. Pada siklus II hasil aktivitas siswa diperoleh rerata sebesar 94,5% dengan kriteria sangat baik. Pemahaman konsep siswa  pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 25,92% . Sedangkan respon siswa terhadap pembelajaran CTL  sangat baik. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran  CTL diperoleh rerata sebesar 97,2% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, disimpulkan secara umum bahwa penerapan  pembelajaran  CTL  dapat meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian siswa  kelas III C SDN 20 Mambok Tahun Pelajaran 2018/2019.

 

Kata Kunci: CTL,  Pemahaman Konsep, Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian.

Full Text:

PDF

References


Dafril, A. 2011. Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Peningkatan Pemahaman Matematika Siswa. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional.(Online).https://eprints.unsri.ac.id , diakses pada 4 November 2018.

Fitrah, M. 2016. Model Pembelajaran Matematika Sekolah Kajian Perspektif Berdasarkan Teori Dan Hasil Riset. Malang: CV. Budi Utama.

Hamzah, B Uno dkk. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hardiawan. 2013. Penggunaan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Minat dan Kemampuan Pemahaman Konsep Garis dan Sudut pada Siswa Kelas VII MTs. Putra Nurul Hakim Kediri Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Lensa Kependidikan Fisika. Mataram: PKPSM IKIP Mataram. (ojs.ikipmataram.ac.id, diakses pada 10 Maret 2018).

Komalasari, K. 2014. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Rismawati, M. 2016. Analisis Kesalahan Koneksi Matematis Siswa Kelas X pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel.Makalah disajikan dalam Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya I, Surakarta.(Online).https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/6951/13_103_Makalah%20Rev%20Melida%20Rismawati.pdf?sequence=1&isAllowed=y, diakses pada pada 26 November 2018

Rismawati, M., dkk. Struktur Koneksi Matematis Siswa Kelas X Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 2(4):465-469, (Online), (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/, diakses 21 November 2018.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyanto. 2009. Model-model Pembelajaran inovatif. Surakarta : Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13.

Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Ulia, N. 2017. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Datar dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dengan Pendekatan Saintifik di SD. Jurnal Bina Bangsa.2(2):55-68. (Online), (htpp://research.unissula.ac.id , diakses pada 4 November 2018.

Wulan, D.N. 2013. Penerapan Pendekatan CTL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Pdidik Pada Materi Bilangan Pecahan”. Jurnal Antologi PGSD Bumi Siliwangi. 1(1):1-10. (Online), (htpp://antologi.upi.edu, diakses pada 16 Februari 2018.




DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v1i1.404

Article Metrics

Abstract view : 429 times
PDF - 379 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.