Test-Enhanced Learning: Asesmen Formatif untuk Matematika Sekolah Menengah Atas

izzatul ulya, Muhammad Iqbal, Zhulvardyan Armayrishtya

Abstract


Asesmen  menjadi proses utama dalam pengajaran yang efektif, karena dengan asessmen kita dapat mengetahui apakah rangkaian kegiatan pembelajaran tertentu telah menghasilkan pembelajaran yang diharapkan. Tujuan utama dari asessment dalam pendidikan matematika salah satunya yaitu memberikan bukti nantinya akan  digunakan dalam membuat keputusan atau meningkatkan pendidikan matematika, yang dapat  memunculkan pertanyaan tentang aspek kompetensi matematika bagian mana yang harus dinilai dan bagaimana cara untuk mencapai tujuan. Ada dua jenis asesmen yaitu formatif dan sumatif. Salah satu asesment formatif adalah Test Enhanced Learning (TEL). TEL adalah proses mengingat konsep atau fakta, mengambilnya dari ingatan, meningkatkan retensi jangka panjang atas konsep atau fakta tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang tujuannya adalah untuk mengetahui  pengetahuan dan ketrampilan guru dalam membuat dan menggunakan  TEL sebagai asesmen  formatif matematika. Subjek penelitian ini adalah satu guru matematika di SMA Alfa Centauri. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar wawancara tidak terstruktur. Kegiatan dalam analisis data meliputi: Penyajian data (data display); Reduksi data (data reduction); Verifikasi data (data verification); dan Penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Hasil dari penelitian ini adalah guru sudah mempunyai pengetahuan dan ketrampilan yang cukup tentang TEL. Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat membantu guru dalam memilih asesmen formatif yang tepat untuk siswa.

 

Kata Kunci: Asesmen, pembelajaran matematika, asesmen formatif, Test Enhanced Learning (TEL)


Full Text:

PDF

References


Avvisati, F., & Borgonovi, F. (2020). Learning Mathematics Problem Solving through Test Practice: a Randomized Field Experiment on a Global Scale. Educational Psychology Review, 32(3), 791–814. https://doi.org/10.1007/s10648-020-09520-6

Calderón-Tena, C. O., & Caterino, L. C. (2016). Mathematics Learning Development: the Role of Long-Term Retrieval. International Journal of Science and Mathematics Education, 14(7), 1377–1385. https://doi.org/10.1007/s10763-015-9655-0

Chan, J. C. K. (2010). Long-term effects of testing on the recall of nontested materials. Memory, 18(1), 49–57. https://doi.org/10.1080/09658210903405737

Donoghue, G. M., & Hattie, J. A. C. (2021). A Meta-Analysis of Ten Learning Techniques. In Frontiers in Education (Vol. 6). Frontiers Media S.A. https://doi.org/10.3389/feduc.2021.581216

Dunlosky, J., Rawson, K. A., Marsh, E. J., Nathan, M. J., & Willingham, D. T. (2013). Improving students’ learning with effective learning techniques: Promising directions from cognitive and educational psychology. In Psychological Science in the Public Interest, Supplement (Vol. 14, Issue 1, pp. 4–58). SAGE Publications Inc. https://doi.org/10.1177/1529100612453266

Karpicke, J. D., & Aue, W. R. (2015). The Testing effect Is Alive and Well with Complex Materials. Educational Psychology Review, 27(2), 317–326. https://doi.org/10.1007/s10648-015-9309-3

Keresztes, A., Kaiser, D., Kovács, G., & Racsmány, M. (2014). Testing promotes long-term learning via stabilizing activation patterns in a large network of brain areas. Cerebral Cortex, 24(11), 3025–3035. https://doi.org/10.1093/cercor/bht158

Kromann, C. B., Jensen, M. L., & Ringsted, C. (2009). The effect of testing on skills learning. Medical Education, 43(1), 21–27. https://doi.org/10.1111/j.1365-2923.2008.03245.x

Little, J. L., Storm, B. C., & Bjork, E. L. (2011). The costs and benefits of testing text materials. Memory, 19(4), 346–359. https://doi.org/10.1080/09658211.2011.569725

Lyle, K. B., & Crawford, N. A. (2011). Retrieving Essential Material at the End of Lectures Improves Performance on Statistics Exams. In Teaching of Psychology (Vol. 38, Issue 2, pp. 94–97). https://doi.org/10.1177/0098628311401587

Martínez-Sierra, G., García-García, J., Valle-Zequeida, M., & Dolores-Flores, C. (2020). High School Mathematics Teachers’ Beliefs About Assessment in Mathematics and the Connections to Their Mathematical Beliefs. International Journal of Science and Mathematics Education, 18(3), 485–507. https://doi.org/10.1007/s10763-019-09967-2

McDaniel, M. A., Howard, D. C., & Einstein, G. O. (2009). The read-recite-review study strategy: Effective and portable: Research Article. Psychological Science, 20(4), 516–522. https://doi.org/10.1111/j.1467-9280.2009.02325.x

McIntosh, M. E. (1997). Formative Assessment in Mathematics. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 71(2), 92–96. https://doi.org/10.1080/00098659709599333

Miles, M. B. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook.

Nortvedt, G. A., & Buchholtz, N. (2018). Assessment in mathematics education: responding to issues regarding methodology, policy, and equity. ZDM - Mathematics Education, 50(4), 555–570. https://doi.org/10.1007/s11858-018-0963-z

Roediger, H. L., & Karpicke, J. D. (2006). Test-Enhanced Learning Taking Memory Tests Improves Long-Term Retention.

Setiawan, H., Sa, C., Akbar, dun, Artikel Abstrak, I., & Setiawan Pendidikan Dasar, H. (n.d.). Pengembangan Instrumen asesmen autentik kompetensi pada ranah keterampilan untuk pembelajaran tematik sdi sekolahdasar. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Sugiyono, P. D. (2013). Metode penelitian manajemen.

Suurtamm, C., Thompson, D. R., Young, R., Leonora, K. ?, Moreno, D., Sayac, N., Schukajlow, S., Silver, E., Ufer, S., & Vos, P. (n.d.). Assessment in Mathematics Education ICME-13 Topical Surveys Large-Scale Assessment and Classroom Assessment. http://www.springer.com/series/14352

Szeibert, J., Muzsnay, A., Szabó, C., & Bereczky-Zámbó, C. G. (2023). A Case Study of Using Test-Enhanced Learning as a Formative Assessment in High School Mathematics. International Journal of Science and Mathematics Education, 21(2), 623–643. https://doi.org/10.1007/s10763-022-10264-8

van Gog, T., & Sweller, J. (2015). Not New, but Nearly Forgotten: the Testing effect Decreases or even Disappears as the Complexity of Learning Materials Increases. In Educational Psychology Review (Vol. 27, Issue 2, pp. 247–264). Springer New York LLC. https://doi.org/10.1007/s10648-015-9310-x

Wiliam, D. (2011). What is assessment for learning? Studies in Educational Evaluation, 37(1), 3–14. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2011.03.001

Wilson, M. (2018). Making Measurement Important for Education: The Crucial Role of Classroom Assessment (Vol. 37, Issue 1).




DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i2.4044

Article Metrics

Abstract view : 45 times
PDF - 53 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.