PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN CORE UNTUK MELATIH KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS

Santa Aktavia Tara, Melinda Rismawati, Beni Setiawan, Olenggius Jiran Dores, Andri Andri

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keval?dan, kepraktisan, keefektifan, dan respon siswa terhadap Modul Ajar Berbasis Model Pembelajaran CORE. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan instrument penelitian menggunakan lembar validasi, lembar tes, dan angket. Teknik analisis data melalui tahapan validasi ahli, uji kepaktisan, uji keefektifan dan angket respon siswa. Dari hasil penelitian diketahui bahwa tingkat kevalidan modul ajar berbasis model CORE sebesar 0,86 dengan kategori sangat layak, kepraktisan sebesar 83,3% dengan kategori sangat praktis, keefektifan sebesar 88,3 dengan kategori sangat efektif, respon siswa sebesar 87%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul ajar berbasis model pembelajaran core pada materi bentuk aljabar dikatakan valid, prakris, efektif, dan menarik untuk melatih kemampuan koneksi matematis siswa.

Full Text:

PDF

References


Amelia,N., Tusyana, E., Andrean, S. (2023). Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah.

Darozatun, D., Zakiah, N. E., dan Nuraida, I. (2021). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan). Vol. 2 No. 1 Hal 105-114

Fatimah, A. E., dan Khairunnisyah. (2019). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Pembelajaran Model Connecting- Organizing-Reflecting-Extending (CORE). MES: Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 51–58.

Fendrik, M. (2019). Pengembangan Kemampuan Koneksi Matematis dan Habits of Mind pada Siswa. Surabaya: Media Sahabat Cendikia Pondok Maritim Indah

Indarti, A. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Dengan Menggunakan Metode Forum Group Discussion SMP Negeri 3 Cawas Kabupaten. Jurnal Jispendiora , 2(1)

Marlina, E. (2023). Pembinaan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar pada Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP). Journal of Community Dedication, 3(1), 88-97.

Nuryanti, N. E., Mulyana, E. H., dan Loita, A. (2023). Analisis Kesulitan Guru dalam Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Paud Agapedia, 7(2), 176-183.

Prasetia, Y., Wijayanti, K., Dewi, N. R., Mashuri, M., dan Veronica, R. B. (2020, February). Kemampuan koneksi matematis pada model pembelajaran CORE. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 3, pp. 489-496).

Pulungan, N. A., Ardiana, N., dan Harahap, M. S. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau Dari Penggunaan Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending). Jurnal MATHEDU (Mathematic Education Journal), 4(2), 208-215.

Rismawati, M., Irawan, E. B., dan Susanto, H. (2016). Analisis Kesalahan Koneksi Matematis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya [KNPMP I], 2013, 126–134.

Salsabilla, I.I, Jannah, E., dan Juanda. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, 3(1),33-41

Sirate, F.S.S & Ramadhan, R . (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi, Journal: Inspiratif Pendidikan, 6 (2): 316-335

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA, cv.

The National Council of Teachers Mathematics [NCTM]. 2000. Principiles and Standars for School Mathematics. USA: NCTM.

Ulfa, D., Rahmi, D., dan Revita, R. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Core Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self-Confidence Siswa SMP/MTS. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 400–409.

Utomo, E.S. & Rahman, F. (2022). Implementasi Model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa SMP Selama Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (2): 1935-1945

Wahyuni, S., Rusdi, M., dan Huda, N. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Core (Connecting, Organizing, Reflecting and Extending) untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Pada Materi Persamaan Trigonometri. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1498–1511

Wandini. (2019). Pembelajaran Matematika Untuk Calon Guru MI/SD. Medan: CV. Widya Puspit.




DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i2.4049

Article Metrics

Abstract view : 32 times
PDF - 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.