MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Andri Andri, Ratih Sarni Purwanti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa menggunakan model NHT (Number Heads Together) pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SDN 01 Ketungau Hilir Tahun Pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui  observasi, pengukuran, teknik komunikasi tidak langsung dan dokumentasi. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi, soal tes, dan lembar angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I minat belajar siswa dengan rata-rata 34,17 dan ketuntasan klasikal sebesar 55,17% serta hasil belajar siswa siklus I rata-rata 39,46 dengan ketuntasan klasikal 32,14%. Pada siklus II minat belajar mencapai 45,96 dengan ketuntasan klasikal sebesar 77,38%. Dan hasil belajar siswa pada siklus II dengan rata-rata 80,89 dan ketuntasan klasikal sebesar 92,85%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan model NHT (Number Heads Together) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SDN 01 Ketungau Hilir Tahun Pelajaran 2018/2019.

                                         

Kata Kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar, dan Model NHT

Full Text:

PDF

References


Apriadi, E.J. 2016. Penggunaan Metode Eksperimen dan Diskusi (Kelompok) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Sintang: STKIP.

Arikunto.S.,Suhardjono.,Supardi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Fathurrohman. M. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Hafid, A., Ahiri,J., Haq, D. 2013. Konsep Dasar Ilmu Kependidikan. Bandung: Alfabeta

Huda, M.2015. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Jihad, A. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Karwati, E., Priansa. D.J. 2014. Manajemen Kelas (Classroom Management) Guru Profesional Yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan, Dan Berprestasi. Bandung: Alfabeta.

Ningrum, E. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Ombak.

Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slameto. 2013. Belajar Dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rozda.

Susanto, A. 2014. Teori Belajar Pembelajaran. Jakarta: Kencana.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitia Kuantitatif,Kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitia Kuantitatif,Kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, R. 2015. Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v1i1.407

Article Metrics

Abstract view : 152 times
PDF - 138 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.