PENERAPAN MULTIMETODE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MAHASISWA

Anita Sri Rejeki Hutagaol, Melinda Rismawati

Abstract


Pemahaman konsep merupakan hal yang sangat penting dalam mempelajari matematika. Dengan pemahaman konsep yang dalam, siswa akan dapat mengembangkan kemampuan penalaran matematis serta dapat memecahkan masalah matematis dengan mudah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis mahasiswa S1 Prodi PGSD dengan menggunakan multimetode. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang teridi dari 2 siklus`dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah mahasiswa S1 prodi PGSD kelas Mipa Semester 6 yang berjumlah 38 mahasiswa. Sumber data yang digunakan yaitu: lembar observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Tekhnik analisis data menggunakan model interaktif yang terdiri dari: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan multimetode, pemahaman konsep matematis mahasiswa mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan pada siklus 1 pemahaman konsep matematis mahasiswa mencapai 77 % dan pada siklus 2 mencapai 100% sehingga peningkatan pemahaman dari siklus 1 ke siklus 2 adalah 23%.

 

Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematis, Multimetode

Full Text:

PDF

References


Afrilianto. 2012. Peningkatan pemahaman konsep dan kompetensi strategis matematis siswa smp dengan pendekatan metaphorical thinking. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 1 (2)

Arends . 2011. Learning to Teach. Ninth Edition. Central Connecticut State University

Hobri, H.2010. Metodologi Penelitian Pengembangan (Aplikasi pada Penelitian

Pendidikan Matematika). Jember: Pena Salsabila.

Hudojo, H. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: IKIP Malang

Husna, A.R. 2010. Pengaruh Penggunaan Multimetode Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Materi Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Minarni, A. 2013. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Keterampilan Sosial Siswa SMP Negeri di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Matematika Paradikma. Vol 6 (2)

Nieveen. 2007. An Introduction to Educational Design Research. Enschede. Netzodruk.

Rahmawati, A. 2014. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa SMP Melalui Metode Penemuan Terbimbing. Vol 1 ISSN 2355-0473

Rohman dan Amri. 2013. Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v1i1.409

Article Metrics

Abstract view : 88 times
PDF - 93 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.