ANALISIS KESALAHAN KONSEP SISWA KELAS IV DALAM MENYELESAIKAN SOAL ULANGAN MATEMATIKA DENGAN METODE NEWMAN

Melinda Rismawati, Margareta Asnayani

Abstract


Tujuan utama penelitian adalah mendeskripsikan kesalahan konsep dalam menyelesaikan soal ulangan matematika dengan metode Newman pada siswa kelas IV SD Negeri 29 sungai puang tahun pelajaran 2018/2019.Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif.Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan bentuk penelitian studi kasus. Subjek penelitian  adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 29 Sungai Puang Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 14 orang siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes, lembar wawancara, dan dokumentasi. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan konsep yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal ulangan matematika materi operasi hitung campuran yaitu (1) kesalahan membaca sebesar 11,86% tergolong rendah; (2) kesalahan memahami sebesar 25,09% tergolong cukup tinggi; (3) kesalahan transformasi sebesar 20,18% tergolong rendah; (4) kesalahan keterampilan proses sebesar 29,68% tergolong cukup tinggi; (5) kesalahan kesimpulan sebesar 13,04% tergolong rendah. Kesalahan yang paling dominan dilakukan siswa adalah kesalahan keterampilan proses karena siswa kurang teliti dan kurang terampil dalam berhitung. Peranan guru dalam mengatasi kesalahan konsep siswa: 1) menyediakan berbagai aktivitas dalam pembelajaran matematika; 2) menggunakan media pembelajaran, memberikan latihan agar siswa belajar mandiri, menggunakan model pembelajaran yang menarik.

 Kata Kunci: Kesalahan, Konsep, Ulangan,  Matematika, NEWMAN


Full Text:

PDF

References


Afgani,D.J. 2015. Analisis Kurikulum Matematika. Universitas Terbuka: Banten.

Amini.S. dan Yunianta, H. 2018.Analisis Kesalahan Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial dan Scaffolding Bagi Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1):1-27.

Creswell,J.W. 2009. Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Third Edition. SAGE: LA.

Damayanti,W.N., Mayangsari,S.N., Mahardhika,L.T. 2017. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Operasi Hitung Pada Pecahan. Jurnal Ilmiah Edutic, 4(1):1-7.

Dharma,I.Md., Suarjana,I.Md., Suartama,I.Kd. 2016. Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pada Siswa Kelas IV Tahun ajaran 2015/2016 Di SD Negeri 1 Banjar Bali. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 4(1):1-10.

Farida, A. 2016. Analisis Miskonsepsi Siswa Tehadap Simbol dan Istilah Matematika Pada Konsep Hubungan Bangun Datar Segiempat Melalui Permainan Dengan Alat Peraga Di SD Muhammadiyah 1 Surakarta. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajaran (KNPMP) ISNN: 2502-6526 Hal 286-295

Fatahillah,A., Wati,Y.F., Susanto. 2017. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding Yang Diberikan. Jurnal Kadikma, 8(1): 40-51.

Heppinia, M. dan Tiya, K. 2015. Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Wawotobi Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pecahan. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(3):27-65.

Mariyati, Y., Riyadi. dan Wardi, M. 2018. Analisis Kesalahan Siswa Kelas VI SDN 2 Tamansari TahunPelajaran 2015/2016 Dalam Menyelesaikan Soal Matematika UASBN 2014/2015.Jurnal Elementary, 1(1):342-369.

Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi (GP Press Group).

Permadi dan Irawan. 2016. Memahamkan Konsep Pecahan Pada Siswa Kelas IV SDN Sumberejo 03 Kabupaten Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(9):173—178.

Rahayu, S. 2016. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Kesebangunan. Jurnal e-DuMath, 2(2):1-9.

Rismawati, M. 2016. Struktur Koneksi Matematis Siswa Kelas X pada Materi Sistem Persamaan Linier. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang: Malang.

Rismawati, M. 2016. Mengembangkan Peran Matematika Sebagai Alat Berpikir Ilmiah Melalui Pembelajaran Lesson Study.Jurnal Vox Education, 7(2): 203- 215.

Rismawati, M. & Hutagaol, A.S.R. 2018. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa , 4(1): 91-105.

Rismawati, M., Edi, B.I., Hery, S. 2017. Struktur Koneksi Matematis Siswa Kelas X Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(4): 465—469.

Sennen, E. Ndiung. S. Supardi.K. 2016. Analisis Kesalahan Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Yang Terkategori Sulit Pada UASBN. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 8(2): 88-137.

Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v1i2.495

Article Metrics

Abstract view : 213 times
PDF - 120 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.