ANALISIS KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SDN NO 20 SP2 SKPH MANIS RAYA TAHUN AJARAN 2018/2019

Olenggius Jiran Dores ,S.Pd., M.Pd, Yasinta Lisa, M.Cs, Oktavia Vorina

Abstract


Matematika memiliki sifat yang konsisten, sistematis, dan logis. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Karena siswa belum bisa berkonsentrasi dengan baik. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif.  Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 22 orang. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu lembar angket, observasi, dan  wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SDN NO 20 SP2 SKPH Manis Raya berada pada kategori cukup tinggi yaitu bahwa seluruh siswa sudah dapat memperhatikan ketika guru menjelaskan meteri didepan kelas, sebagian besar siswa sudah memiliki motivasi dalam belajar, dengan rata-rata hasil observasi sebesar 62,23% dan rata-rata hasil angket sebesar 75,69%, faktor pendukung konsentrasi belajar siswa adalah motivasi belajar siswa, lingkungan belajar yang tenang dan nyaman, dan siswa memiliki kesiapan belajar yang baik. Faktor penghambat konsentrasi belajar adalah teman sekelas yang ribut, siswa yang tidak memiliki motivasi belajar, siswa yang takut dan gugup, dan perlengkapan belajar yang tidak lengkap. Upaya yang dilakukan guru adalah memberikan arahan kepada siswa yang sering mengobrol di kelas, memberikan dorongan kepada siswa yang tidak memiliki motivasi dan masih merasa takut serta gugup saat pembelajaran matematika berlangsung

 

Kata Kunci: Konsentrasi Belajar, Matematika


Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta CV

Fauziah, Zumrotul. 2015. Penerapan Metode Jaritmatika Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Perkalian Untuk meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas 2B, Skripsi. Surabaya : Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Hidayah. 2015.Pengaruh Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Daya Pemahaman Materi Pada Pembelajaran Kimia, Jurnal Pendidikan Sains. 3(1): 30-33

Jufri. 2013. Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta

Linasari,Nur. 2015. Upaya Peningkatan konsentrasi Belajar Siswa Kelas IV Melalui Penerapan Teknik Kuis Tim. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nuramaliana, Siti. 2016. Konsentrasi Belajar Dan Penyesuaian Diri Pada Siswa Kelas VII. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Purwanto dan Nuryana. 2010. Efektivitas Brain Gym dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar pada Anak. Indigenous, Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi, 12(1):88-99.

Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D. Bandung : ALFABETA, cv

Supriyo. 2015. Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan. E- Journal. 4(2).

Surya, Hendra. 2011. Cara Jitu Mencapai kesuksesan Belajar. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Tyas, Mulyaning. 2015. Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v1i2.506

Article Metrics

Abstract view : 2652 times
PDF - 1117 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.