PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALY, REPETITIONTERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIFMATEMATIKA

Nurapni Sopia, S.Pd., M.Pd

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 2 Sintang yang bertujuan untuk mengkaji Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Sintang Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan bentuk penelitian eksperimen yakni Quasi Eksperimentel Design dan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Sintang dengan jumlah 46 siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran, observasi langsung, observasi tak langsung dan studi dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa soal tes, lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Setelah dianalisis menggunakan uji t-test dengan program SPSS 18, dengan α = 0,05 dan dk n1 + n2 – 2 maka diperoleh thitung >  ttabel = 18,178 > 2,074 artinya Ha diterima dan Ho ditolak disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR)  terhadap  hasil belajar kognitif matematika siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Sintang Tahun Pelajaran 2018/2019.


Full Text:

PDF

References


Huda, Miftahul. 2014. Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Manurung, Sri Hariani. 2015. Upaya meningkatkan kreatifitas dan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model Auditory, Intellctually, Repetition (AIR) pada siswa kelas viii mis negeri rantau prapat, Jurnal Edurech, 2(1):97-107.

Nawafilah, Nur Qomariyah. 2015. Penerapan pembelajaran dengan pendekatan auditory, intellectually,repetition (AIR) pada materi sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun di kelas v sekolah dasar, Jurnal. Ilmu Sosial Dan Humanira, 3(2): 1-7.

Prasetya, Rio. 2016. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Auditory, Intellctually, Repetition (AIR) untuk meningkatkan hasil belajar pada kompetensi dasar menjelaskan instalasi lampu penerangan bangunan gedung siswa kelas XI TIPTl SMK negeri 2 surabaya ,E-Journal Pendidikan Teknik Elekro, 5(2): 589-593.

Pujiastutik, hernik. 2016. Penerapan model pembelajaran auditory, intellectually,repetition (AIR) untuk meningkatkan hasil belajar siswa, Proceeding Biology Education Conference, 13(1): 515-518.

Purnamasari, Yurdiana Ika. 2014.Pengaruh model pembelajaran auditory, intellectually ,repetition (AIR)terhadap prestasi belajar matematika pada materi aljabar.Skripsi. Jetis :Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Sadirman. 2014. Interaksi dan Motivasi dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v1i2.512

Article Metrics

Abstract view : 503 times
PDF - 275 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.