PENINGKATAN MINAT DAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan aktivitas belajar matematika kelas IV menggunakan model Make a Match. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Sumber data berasal dari siswa kelas IV, guru kelas IV, kegiatan pembelajaran, dan dokumen. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi (guru dan siswa), lembar angket, dan respon siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa : penggunaan model Make a Match pada siklus 1 diperoleh rata-rata 70 % dengan kriteria baik, pada siklus 2 diperoleh rata-rata 95 % dengan kriteria sangat baik terjadi peneingkatan sebesar 25 %. Aktivitas belajar siswa pada siklus 1 diperoleh rata-rata 64,92 dengan kriteria keaktivan siswa tinggi, pada siklus 2 diperoleh rata-rata 93,50 % dengan kriteria keaktifan siswa sangat tinggi terjadi peningkatan sebesar 28,58 %. Angket minat belajar matematika pada siklus 1 diperoleh rata-rata 66,43 % dengan kriteria minat, pada siklus 2 diperoleh rata-rata 94,10 % dengan kriteria sangat minat terjadi peningkatan 27,67 %. Sedangkan respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model make a match sangat positif.
Full Text:
PDFReferences
Andri & Rismawati, M. 2018. Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar konsep dasar matematika SD Pada Mahasiswa PGSD. Jurnal Vox Edukasi. 9 (2): 91-101
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Awe & Benge. 2017. Hubungan Antara Minat dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPA pada Siswa SD. Journal of Education Tecnology. Hal 231-238, (online), (http://ejournalundiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/12859/0), diakses 13 Januari 2020
Herzamzam, D, A.2018. “Peningkatan Minat Belajar Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa sekolah Dasar’. Jurnal Visepena. Vol.9. Hal. 67-80. (online). (http://visipena.stkipgetsempena.ac.id/?journal=home&page=article&op=view&path%5B%5D=193/0?). Di akses 16 mei 2019
Huda, M. 2016. Model-model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka belajar.
Murfiah, U. 2017. Pembelajaran Terpadu Teori dan Praktik Terbaik Di Sekolah. Bandung: PT. Refika Aditama.
Perdana & Supriyono. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hail Belajar Siswa Kelas IV SDN Semolowaru 1 Surabaya. JPGSD. Hal.640-649. (online). (http://www.neliti.com/id/publications/255010). Diakses 13 Januari 2020
Rismawati, M & Asnayani,M. 2019. Analisis Kesalahan Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Ulangan Matematikan Dengan Metode NEWMAN. J.PIMAT , 1(2): 69-78.
Rusman. 2015. Model-model pembelajaran. Jakarta: raja Grafindo Persada
Sadirman. 2016. Interaksi dan Motivasi belajar dan Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Slameto. 2015. Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Shoimin, A. 2014. 68 Model pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Sugiyono. 2015. Metode penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukardi. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara
DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i1.652
Article Metrics
Abstract view : 275 timesPDF - 270 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.