PENINGKATAN MINAT DAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH

Maria Oktaviani Nagur, Melinda Rismawati, Sirilus Sirhi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan aktivitas belajar matematika kelas IV menggunakan model Make a Match. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Sumber data berasal dari siswa kelas IV, guru kelas IV, kegiatan pembelajaran, dan dokumen. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi (guru dan siswa), lembar angket, dan respon siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa : penggunaan model Make a Match pada siklus 1 diperoleh rata-rata 70 % dengan kriteria baik, pada siklus 2 diperoleh rata-rata 95 % dengan kriteria sangat baik terjadi peneingkatan sebesar 25 %. Aktivitas belajar siswa pada siklus 1 diperoleh rata-rata 64,92 dengan kriteria keaktivan siswa tinggi, pada siklus 2 diperoleh rata-rata 93,50 % dengan kriteria keaktifan siswa sangat tinggi terjadi peningkatan sebesar 28,58 %. Angket minat belajar matematika pada siklus 1 diperoleh rata-rata 66,43 % dengan kriteria minat, pada siklus 2 diperoleh rata-rata 94,10 % dengan kriteria sangat minat terjadi peningkatan 27,67 %. Sedangkan respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model make a match sangat positif.


Full Text:

PDF

References


Andri & Rismawati, M. 2018. Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar konsep dasar matematika SD Pada Mahasiswa PGSD. Jurnal Vox Edukasi. 9 (2): 91-101

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Awe & Benge. 2017. Hubungan Antara Minat dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPA pada Siswa SD. Journal of Education Tecnology. Hal 231-238, (online), (http://ejournalundiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/12859/0), diakses 13 Januari 2020

Herzamzam, D, A.2018. “Peningkatan Minat Belajar Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa sekolah Dasar’. Jurnal Visepena. Vol.9. Hal. 67-80. (online). (http://visipena.stkipgetsempena.ac.id/?journal=home&page=article&op=view&path%5B%5D=193/0?). Di akses 16 mei 2019

Huda, M. 2016. Model-model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka belajar.

Murfiah, U. 2017. Pembelajaran Terpadu Teori dan Praktik Terbaik Di Sekolah. Bandung: PT. Refika Aditama.

Perdana & Supriyono. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hail Belajar Siswa Kelas IV SDN Semolowaru 1 Surabaya. JPGSD. Hal.640-649. (online). (http://www.neliti.com/id/publications/255010). Diakses 13 Januari 2020

Rismawati, M & Asnayani,M. 2019. Analisis Kesalahan Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Ulangan Matematikan Dengan Metode NEWMAN. J.PIMAT , 1(2): 69-78.

Rusman. 2015. Model-model pembelajaran. Jakarta: raja Grafindo Persada

Sadirman. 2016. Interaksi dan Motivasi belajar dan Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Slameto. 2015. Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Shoimin, A. 2014. 68 Model pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Sugiyono. 2015. Metode penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukardi. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i1.652

Article Metrics

Abstract view : 47 times
PDF - 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.