ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SDN 01 NANGA KANTUK

Andri Andri, Olenggius Jiran Dores, Anastasia Helina Lina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar matematika siswa di Sekolah Dasar Negeri 01 Nanga Kantuk Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian adalah seluruh siswa di SDN 01 Nanga Kantuk sebanyak 121 orang dan yang dijadikan sampel sebanyak 55 orang menggunakan teknik Sampling Purposive, terdiri dari kelas IV, V dan VI. Pendekatan pada penelitian ini kuantitatif dengan metode analisis faktor dan analisis deskriptif, sedangkan bentuk penelitian ini adalah analisis faktor eksploratori. Hasil analisis faktor ditemukan 5 faktor yang mengelompok yang mempengaruhi kesulitan belajar yang diberi nama faktor minat dengan persentase variance 28.997%, faktor guru dengan persentase 14.386%, faktor kebiasaan belajar dengan persentase 9.860%, faktor lingkungan keluarga dengan persentase 9.860% dan faktor suasana rumah dengan persentase varians 7.290%. Sedangkan faktor yang paling dominan mempengaruhi kesulitan belajar yaitu faktor minat dengan persentase varians 28,997%.


Full Text:

PDF

References


Abdurahman, Maman. dan Muhiddin. 2017. Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Abdurrahman, Mulyono. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Adurrahman, Mulyono. 2012. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Andri & Rismawati, Melinda. 2018. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Konsep Dasar Matematika SD Pada Mahasiswa PGSD. Jurnal Vox Edukasi 9 (2): 91-101

Andri. 2014. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Rendahnya MinatMasyarakat terhadap SMP Negeri. Jurnal Pendidikan Humaniora. 2(3): 228-235

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasbullah. 2011. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Ihsan, Fuad. 2011. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhidin, Sambas Ali., dan Abdurahman, Maman. 2011. Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Saud,Udin Syafudin. 2009. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Setyono, Ariesandi. 2007. Mathemagics. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Slameto.2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparlan. 2005. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta. Hikayat Publishing.

Supranto. 2004. Analisis Multivariat Arti & Interpretasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, Muhibbin. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Indonesia.

Wahyuni, Baharudin. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Widarno, Agus. 2015. Analisis Multivariate Terapan.Yogyakarta: UPP STIM YKPN.




DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i1.688

Article Metrics

Abstract view : 91 times
PDF - 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.