IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) SISWA KELAS V SDN KP. BULAK III PAMULANG
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ali, A. M. (2018). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya. Jakarta: Kencana.
Anatasya, E. & Dewi, D, A. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiskha, 293.
Awang, I.S., Serani, G., Prasetyo, Z.K., & Wangid, M.N. (2021). Penanaman Karakter Kebangsaan Melalui Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar. Vox Edukasi, 12(1) p. 58-72.
Awiria & Latifah, N. (2019). Pembelajaran PKn SD. Yogyakarta: Samudra Biru.
Cecep, H., Widyastuti, A., Subakti. H., Hasibuan. F. A., dkk. (2021). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Chotimah, U., Kurnisar, dkk. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis HOTS. Palembang: Bening.
Dewi, N & Prihartanti, N, (2021). Psikologi Pendidikan Karakter Konsep, Metode Intervensi dan Pengukurannya. Yogyakarta: Deepublish.
Setiawati, R., & Dewi, D. A. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Di Persekolahan. Asanka, 74.
Fathurohman, H. P., Suryana. Aa., Fatriani. F. (2017). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hamid, H, & Saebani, A, B, (2013). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Hendriana, E. C & Jacobus. A. (2016). Implementasi Pendidkan Karakter Di Sekolah Melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 26.
Hidayat. R & Abdillah (2019). Ilmu Pendidikan Konsep, Teori dan Aplikasinya. Medan: LPPI.
Irsyada. M. N., &. A. (2020). Peran Pendidikan Islam Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Anak MI/SD. Jurnal Pendidikan Islam, 146.
Japar., M, Fadhillah, D, N., Lakshita, G. (2019). Medi dan Teknologi Pembelajaran. Surabaya: CV. Jakad.
Kamil, X, (2021), Etika Islam Kajian Etika Sosial dan Lingkungan Hidup. Jakarta: Kencana.
Kurniasih, I & Sani, B. (2017), Pendidikan Karakter Internalisasi dan Metode Pembelajaran di Sekolah . Surabaya: Kata Pena.Solihin, R. A. (2021). Pendidikan Agama Islam Di Boarding School, Studi Kasus di Islamic Boarding School SMA Islam AS-Syafi'yah. Jirnal Al Amar.
Lestari, A, Mustika, D, &, (2021), Analisis Program Penguatan Pendidikan Karakter (PKK) di Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Basicedu, 1578.
Lufri, Ardi, Yogica, R, D. (2020). Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. Malang: Cv Irdh.
Majid, A, Andayani, D & Wardan, A, S. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Rosda Karya.
Musyadad, V. F. (2022). Pendidikan Karakter. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Ni, L., Melan, G., Dasor, Y, W. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 57.
Putri, F, A., Dewi, D, A., Funamasari, Y, F. (2021). Implementasi Pembelajaran PKn Sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7362.
Rohmah, N, Hidayat, S, & Nulhakim, L. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Dalam Mendudukung Layanan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah dan Pendidikan dan Pembelajaran, 151.
Rosidatun. (2018). Model Implementasi Pendidikan Karakter. Gresik: Gramedia Communication.
Rosyidah, M. & Fijra, R (2021). Metode Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.
Salahudin. A & Alkrienchiehie, I (2017). Pendidikan Karakter Pendidikan Berbasis Agama & Budaya Bangsa. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Setiawati, R. & Dewi, D, A. (2021). Hubungan Pengembangan Karakter Pada Peserta Didik Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 898.
Setiyaningsih, D., Rosmi, F, dkk. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 285.
Setyowati, E. (2019). Pendidikan Karakter Fast (Fathonah, Amanah, Shidiq, Tabligh) dan Implementasinya di Sekolah. Yogyakarta: Deepublish.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitain Kualitatif Untuk Penelitian Yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, dan Konstruktif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharyanto, E. & Yunus. (2021). Pendidikan Karakter Yang Efektif Di Era Milenial. Indramayu: Penerbit Adab.
Sukatin & Al-Faruq, M. S. (2021). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Deepublish.
Suyahman. (2019). Media Belajar PPKn SD. Klaten: Lakeisha.
Syahri, A. (2019). Pendidikan Karakter Berbasis Sistem Islamic Boarding School. Malang : Literasi Nusantara.
Tatang. (2017). Admnistrasi Pendidikan. Bandung : CV. Pustaka Setia.
Tersiana, A. (2020). Metode Penelitian. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
Zulfikar, M. F. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Pekan, 108.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v8i2.1640
Article Metrics
Abstract view : 380 timesPDF - 272 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.