PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Bentuk penelitian quasi experiment dengan rancangan penelitian Nonequivalent Kontrol Group Design. Sampel penelitian berjumlah 44 peserta didik dengan 22 peserta kelas VA sebagai kelas eksperimen dan 22 peserta didik kelas VB sebagai kelas kontrol. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan multivariate t test. Berdasarkan hasil analisis data terdapat persamaan hasil belajar pada pengukuran awal kelas eksperimen dengan kelas kontrol yakni thitung = 0,675 < ttabel = 2,018. Sedangkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik pada pengukuran akhir dimana thitung = 5,984 > ttabel = 2,018. Dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar peserta didik.
Full Text:
PDFReferences
Emzir. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Hamdani.(2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Haris. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Sanjaya. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Trianto. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v2i1.24
Article Metrics
Abstract view : 798 timesPDF - 792 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.