PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR

Agustinus Hari Hanggara, Imanuel Sairo Awang

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together terhadap hasil belajar. Penelitian ini  menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Bentuk  penelitian  quasi experiment dengan rancangan penelitian Nonequivalent Kontrol Group Design.  Sampel penelitian berjumlah 44 peserta didik dengan 22 peserta kelas VA sebagai kelas eksperimen dan 22 peserta didik kelas VB sebagai kelas kontrol. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan multivariate t test.  Berdasarkan hasil analisis data terdapat persamaan hasil belajar pada pengukuran awal kelas eksperimen dengan kelas kontrol yakni thitung = 0,675  <  ttabel = 2,018. Sedangkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik pada pengukuran akhir dimana thitung = 5,984 > ttabel = 2,018. Dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Emzir. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Hamdani.(2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Haris. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Sanjaya. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Trianto. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v2i1.24

Article Metrics

Abstract view : 798 times
PDF - 792 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.