STUDI SURVEI TENTANG INTERAKSI EDUKATIF PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR NEGERI 01 NANGA MAHAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Eliana Yunitha Seran

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh informasi yang objektif mengenai interaksi edukatif pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar Negeri 01 Nanga Mahap Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian metode penelitian kuantitatif dengan bentuk penelitian survei. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah populasi sebanyak 140 orang. Hasil penelitian yang diperoleh Interaksi edukatif siswa di Sekolah Dasar Negeri 01 Nanga Mahap Tahun Pelajaran 2015/2016 paling tinggi 75% dari yang diharapkan, dengan rincian sebagai berikut: 1) interaksi edukatif siswa termasuk dalam kategori “Baik†dengan skor angket 79,45%; 2) dan hasil observasi termasuk dalam kategori “Baik†dengan skor 70,67. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh harga t hitung lebih besar dari harga t tabel yaitu 8,98>1,66, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkah hasil analisis dapat disimpulkan bahwa, Interaksi edukatif memiliki pengaruh yang besar terhadap keberhasilan pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Djamarah (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Gerungan, W.A. (2009). Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Sapriya. (2012). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sardiman. A.M (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Rajagrafindo Persada.

Singarimbun, Masri & Effendi, Sofian. (2006). Metode Penelitian Survai. Jakarta: Pustaka LP3ES.

Sugiyono. (2012). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Supriadi, Didi & Darmawan, Deni. (2012). Komunikasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suprapto. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu Pendidikan dan Ilmu-ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Buku Seru.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v2i1.26

Article Metrics

Abstract view : 150 times
PDF - 186 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.