PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING

Warkintin Warkintin, velius Dominggus Sore

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Problem Solving pada pelajaran IPS di kelas IV B Sekolah Dasar Negeri 12 Jerora Sintang tahun pelajaran 2014/2015. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini yaitu metode problem solving sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi,, soal tes dan lembar wawancara. Hasil pengolahan data menunjukan bahwa hasil observasi guru di siklus I sebesar 83,33%, siklus II sebesar 100%. Sedangkan untuk hasil observasi siswa siklus I diperoleh sebesar 92,54%, untuk siklus II diperoleh sebesar 95,65%. Perhitungan hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 72,21 dengan ketuntasan klasikal kelasnya sebesar 73,91. Sedangkan hasil tes pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 89,21 dengan ketuntasan klasikal kelasnya sebesar 91,30%. Terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa setelah menggunakan metode Problem Solving, dengan rata-rata peningkatan sebesar 17,39. Sedangkan hasil wawancaranya menunjukkan siswa dan guru merasa sangat antusias dan senang dengan penggunaan metode Problem Solving. Kesimpulannya bahwa metode ini baik digunakan dalam proses pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Djamarah,B.S. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto, (2012). Model pembelajaran terpadu. PT Bumi Aksara: Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v2i1.27

Article Metrics

Abstract view : 117 times
PDF - 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.