EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Yasinta Lisa, Didin Syafrudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi ciri khusus pada makhluk hidup di kelas VI Sekolah Dasar. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif berbentuk Quasi Eksperimen dengan Non-Equivalent Control Group Design dan populasinya adalah siswa kelas VI, dengan pemilihan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Berdasarkan analisis uji T dua pihak untuk uji hipotesis disimpulkan bahwa tidak tidak terdapat perbedaan hasil belajar pretest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dibuktikan dengan thitung ≤ttabel yaitu 0,267  ≤  2,021. Terdapat perbedaan hasil belajar posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dibuktikan dengan thitung >ttabel yaitu 2,441 >  2,021. Ukuran efektivitas penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dihitung menggunakan rumus effect size dan diperoleh hasil 0,80 dalam kategori sedang. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Full Text:

PDF

References


Haris, A dan Jihad, A. (2012). Evaluasi pembelajaran.Yogyakarta:Yramawidya.

Sanjaya, W. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media

Sofiani, Erlina. (2011). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap hasil belajar fisika siswa pada konsep listrik dinamis. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan, pendekatan kuantitatif kualitatifdan R & D. . Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Trianto. (2011). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik; Cet. 5. Prestasi Pustaka: Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v2i1.29

Article Metrics

Abstract view : 196 times
PDF - 471 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.