EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS BERBANTUAN QUIZ BASED LEARNING MATERI PENERAPAN PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SKILL SISWA KELAS V SD
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Alfi, C., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Geografi Berbasis Masalah dengan Blended Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, pp. 597-602, doi:10.17977/jp.v1i4.6203.
Asnawir, M.B.U. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta Selatan: Ciputat Pers.
Athur, A. F. (2022). Analisis Soal Berbasis Hots (High Order Thinking Skills ) Dalam Buku Paket Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Kelas X Upt Sma Negeri 23 Ogan Komering Ilir. Skripsi : Universitas Sriwijaya.
Fatih, M., & Firdaus, S. P. (2022). Development of Kubbis Interactive Multimedia (Diversity Characteristics of Religions with the Assistance of Ispring Suite) To Improve Motivation and Independence of Learning (2nd Grade Students at SDN Sentul 4 Kota Blitar). Proceeding International Seminar on Islamic Education and Peace, 2, 240–252. https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/isiep/article/view/ 2154/1423
Fatih, M., Alfi, C., & Muqtafa, M. A. (2024a). Science Learning Game (SLG) Based on Augmented Reality Enhances Science Literacy and Critical Thinking Students Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(2), 973–981. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i2.6107
Fatih, M., & Alfi, C. (2024b) Pengembangan Monopoli Karakter Berbasis Permainan Simulasi Sebagai Upaya Peningkatan Kecerdasan Sosioemosi Siswa Sekolah Dasar Di Kota Blitar. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, [S.L.], V. 5, N. 1, P. 51-61. Doi: Https://Doi.Org/10.28926/Riset_Konseptual.V5i1.315.
Fauziah, A. (2021) Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Quizizz pada Tema 3 Subtema 2 di Kelas IV SDN 057201 Kab.Langkat T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
Maysaroh, S.; Alfi, C., & Fatih, M. (2024). Pengembangan Media Permainan Tradisional Congklak Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung. Jurnal Perseda : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 7 No 1. DOI: https://doi.org/10.37150/perseda.v7i1.2162
Pranoto, S.E. (2020). Penggunaan Game Based Learning Quizizz untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi Materi Globalisasi Kelas XII IPS SMA Darul Hikmah Kutoarjo. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, Vol. 4, No.1.
Ramanta, H., & Suyanto. (2017). Hambatan Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Mengembangkan Perencanaan Dan Pelaksanaan Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Pada Smp Kelas VII Di Kecamatan Godean. Jurnal Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum. FIS. UNY.
Rohmah, S. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Di SD Negeri Ngemplak. Skripsi: Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Setiawati, E., Rahayu, H. M., & Setiadi, A. E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Pada Materi Animalia Kelas X SMAN 1 Pontianak. Jurnal Bioeducation, 4(1), 47–57. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29406/522
Setyawan, R. A., & Kristanti, H. S. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2),1076–1082. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.877
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunarko, A., & Firdaus, A. M. (2021). Pendekatan Saintifik dalam Pengembangan Metode dan Strategi Pembelajaran Agama Islam di Indonesia. CITIZEN: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(2), 68–74. https://doi.org/10.53866/jimi.v1i2.10.
Sutama, W., Anisa, N. & Astuti, W. (2022). Peningkatan Higher Order Thinking Skill Melalui Penerapan Open Ended Play Pada Anak Usia 5-6 tahun. Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan. Hal 27-36.
Walfajri, R. U., & Harjono, N. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Tematik Muatan Ipa Melalui Model Problem Based Learning Kelas 5 Sd. Jurnal Basicedu, 3(1), 16–20.DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.54
DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v10i2.3568
Article Metrics
Abstract view : 59 timesPDF - 13 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.