PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA KONTEKSTUAL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPS
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Amri, S., & Ahmadi, K. (2010). Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.
Aris, S. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-ruz Media.
Asmariati, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kinerja Kependidikan.
Baharuddin, & Wahyuni, N. E. (2015). Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Arruzz Media.
Banks, J. (1990). Teaching Strategies for The Social Studies -- Inquiry, Valuing, and Decision-Making. Addison Wesley Publishing Company.
Diyantari, I. A. K. ., Wiyasa, N., & Manuaba, S. (2020). Model Snowball Throwing Berbantuan Media Pop Up Book Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru.
Fathurrohman, M., & Sulistyorini. (2012). Belajar Dan Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras.
Gunawan, R. (2011). Pendidikan IPS (Filosofi, Konsep, dan Aplikasi). Bandung: CV. Alfabeta.
Herpratiwi, R., Sasmiati, P., & Darsono. (2018). Cooperative Learning and Learning Achievement in Social Science Subjects for Sociable Students. Eurasian Journal of Educational Research.
Hujaemah, E., Saefurrohman, A., & Juhji, J. (2019). Pengaruh Penerapan Model Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah.
Iim Halimatul, M. (2018). Pengaruh Pendekatan Lingkungan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Bio Education.
Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Istijianto. (2005). Riset Sumber Daya Manusia (Cara Praktis Mendeteksi Dimensi-Dimensi Kerja Karyawan). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Johnson, E. (2010). Contextual Teaching & Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar- Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa.
Ratna, J. D. (2020). Makna Posyandu Sebagai Sarana Pembelajaran Non Formal di Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Meretas.
Riyanto, Y. (2014). Paradigma Baru Pembelajaran (Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas). Jakarta: Prenama Media Group.
Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. Bandung: Rosda Karya.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Syafi’i, A., & Fatmalawati. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan.
Tetep, & Suparman, A. (2019). Students’ Digital Media Literacy: Effects on Social Character. International Journal of Recent Technology and Engineering.
Warsono, & Hariyanto. (2014). Pembelajaran Aktif (Teori dan Asesmen). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v10i2.3768
Article Metrics
Abstract view : 66 timesPDF - 16 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.