PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IV MELALUI STRATEGI CROSSWORD PUZZLE DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Karla Zulfa Nabilah, Fitri Puji Rahmawati, Agustinus Triyono

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas IV-C di SDN Cemara Dua  dengan menerapkan crossword puzzle sebagai strategi dan problem based learning sebagai model pembelajaran yang diimplementasikan pada kegiatan belajar mengajar. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subyek penelitian adalah 26 peserta didik kelas IV-C SDN Cemara Dua. Alat pengumpul data menggunakan tes dan data dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif. Dari hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa strategi crossword puzzle dapat meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Indonesia peserta didik kelas IV-C SDN Cemara Dua. Hal ini dapat dibuktikan dari perolehan hasil siklus I yaitu 75 mengalami peningkatan di siklus II menjadi 100.


Full Text:

PDF

References


Arifin, A. Y., & Khasairi, M. (2023). Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Menggunakan Kartu Kata dan Teka-Teki Silang pada Siswa Kelas IX Mastery of Arabic Vocabulary Using Word Cards and Crosswords for The 9th Grade Students. 3(11), 1559–1573. https://doi.org/10.17977/um064v3i112023p1559-1573

Budiarti, W. N., Nahdlatul, U., Al, U., Cilacap, G., & Indonesia, B. (2023). ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA DI. 2009, 148–150.

Huda, N. F. (2020). Eksperimentasi Media Rubik Berbasis Teka-teki Silang dalam Meningkatkan Penguasaan MufradÄt Bahasa Arab. 2(2), 100–115. https://doi.org/10.18196/mht.2220

INDRIYATI, S., & NURLINA, L. (2023). PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA ILMIAH PESERTA DIDIK MELALUI PEMANFAATAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG BERBASIS DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN TEKS DISKUSI. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 3(1), 48-56.

Kosa, P., Bahasa, K., Bagi, I., & Wijaya, Y. (2023). EFEKTIVITAS PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG DALAM MAHASISWA UNIVERSITAS BHINEKA The Effectiveness of Crossword Puzzle Games In English Vocabulary Mastery To Students Of Universitas Bhineka.

Miles, MB; Huberman, A. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Sage Publications.

Nasrullah, N. (2024). Peningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Teka Teki Silang. ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, 4(1), 160-171.

Okta, S., As, A., & Faisal, M. (2024). Pengaruh Penggunaan Flashcard Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Kelas Dua di Kabupaten Majene. 4(1), 100–109.

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49-60.

Rakhman, P. A., Rokmanah, S., & Putri, A. O. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Penguasaan Kosakata Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SDN Rawu. 18(2), 281–289. https://doi.org/10.29408/edc.v18i2.24016

Ramadhania, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Kelas II. 8(3), 966–971. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3042

Rozaq, A., Tinggi, S., Islam, A., Iman, N., & Bogor, P. (2023). PENINGKATAN KOSAKATA BAHASA ARAB MELALUI MEDIA TEKA TEKI SILANG BERGAMBAR. 2(2), 1–14.

Sinta, T., Silang, T., Stovia, A., & Firmansyah, D. B. (2020). Chi ’ e : Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang dengan Menggunakan Media. 8(2), 77–84.

Wahyuni, L. S., Guru, P., Dasar, S., & Makassar, U. M. (2018). HASIL BELAJAR PENGUASAAN KOSAKATA MURID KELAS III SDN 151 BUNNE KECAMATAN MARIORIWAWO. 4.

Wapa, A. (2020). Influence of Creative Problem Solving To Study Result Social Sciences Study As Reviewed From the Multicultural Attitude of Students Class V Elementary South Kuta. PrimaryEdu: Journal of Primary Education, 4(2), 160-171.

Zahro, U. A., Studi, P., Pendidikan, M., Indonesia, B., Bengkulu, U., Studi, P., Pendidikan, M., Indonesia, B., Bengkulu, U., Studi, P., Pendidikan, M., Inggris, B., & Bengkulu, U. (2020). Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak dari Segi Umur, Jenis Kelamin, Jenis Kosakata, Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Pekerjaan Orang Tua. 187–198.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta,

Sumar T.W dan Razak, A.I. 2016. Strategi Pembelajran Dan Implementasi Soft Skil. Yogyakarta: Deepublish.

Surya.(2007). Hubungan Minat Karir Dengan Penentuan Pilihan Karir Pada Remaja (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Wibowo, D. C., Dkk. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Menggunakan Metode Simon Berkata Pada Tema Selalu Berhemat Energi Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 11 Sandung. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. 2 (1), 40-49.

Yulita, H. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Efektifitas dan Motivasi Mahasiswa Dalam Menggunakan Metode Pembelajaran E-Learning. Business Management Journal, 10(1).




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v10i2.3795

Article Metrics

Abstract view : 83 times
PDF - 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.