EKSPLORASI KEMAMPUAN PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR DALAM MENULIS CERITA PENDEK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-CENTERED LEARNING (PCL)
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ahyar, J. (2019). APA ITU SASTRA. Yogyakarta. Deepublish Publisher.
Aminuddin (2013) Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Andriani, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Centered Learning (PCL) pada Kompetensi Melakukan Penyimpanan Barang Persediaan untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktifitas Belajar. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 5(4), 644. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v5i4.440.
Dahlia, T. H. (2022). Pengaruh Model PCL (Problem Centered Learning) Dalam Meningkatkan Kreativitas Menulis Cerpen Siswa Kelas V Sd Negeri 57 Banda Aceh. Doctoral dissertation, Universitas Bina Bangsa Getsempena. https://repository.bbg.ac.id/handle/1495
Kuntarto, E. (2013). Modul Kuliah Pembelajaran CALISTUNG. EONE Production. https://repository.unja.ac.id/634/1/BUKU%20CALISTUNG.pdf
Mahfut, G. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dan Problem Centered Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi ditinjau dari Ketekunan Belajar Siswa. http://repository.radenintan.ac.id/16287/
Marlini, C., Dahlia, T. H., & Abidin, Z. (2023). Pengaruh Model Problem Centered Learning dalam Meningkatkan Kreativitas Menulis Cerpen Siswa Kelas V SD Negeri 57 Banda Aceh. Journal of Basic Education Studies, 6(1), 1–21.
Maulina, H., Hariana Intiana, S. R., & Safruddin, S. (2021). Analisis Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 482–486. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.276
Nasution, E. Y. P., Nisa, A., & Rusliah, N. (2022). Pengaruh Pendekatan Problem Centered Learning (PCL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Venn: Journal of Sustainable Innovation on Education, Mathematics and Natural Sciences, 1(2), 11-18. https://pustaka.my.id/journals/venn/article/view/59
Nurgiyantoro, B. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=p4JqDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq#v=onepage&q&f=false
Nuryatin, A., & Irawati, R. P. (2016). Menulis Cerpen (A. Qadir, Ed.; 1st ed., Vol. 9). Cipta Prima Nusantara. https://lib.unnes.ac.id/39135/1/Buku%20Pembelajaran%20Menulis%20Cerpen.pdf
Prihastyo, M., Nindiasari, H., & Syamsuri. (2019). Pendekatan Problem Centered Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemandirian Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Penelitian Pengajaran Matematika, 1(1), 16–34.
Qhuljannah, N., Khaltsum, U., & Paida, A. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Dengan Menggunakan Pembelajaran Problem Centered Learning (PCL) Pada Siswa Kelas V SDN 2 bonto-bonto desa padang lampe kecamatan ma’rang kabupaten pangkep. Nusantara Hasana Journal, 2(2).
Rismayanti, A., Rabiah, S., & Akidah, I. (2023). Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Cerpen Dengan Pemanfaatan Media Blog. Jambura Journal of Community Empowerment (JJCE), 4(1), 98–110.
Yusri, R. (2017). Pengaruh Pendekatan Problem Centered Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri Kabupaten Solok. Jurnal LEMMA, 3(1). https://doi.org/10.22202/jl.2017.v3i1.1389
Zainurrahman. (2016). Role of subconscious mind in the process of writing and narrative learning. Gramatika: Jurnal Ilmiah Kebahasaan Dan Kesastraan, 4(1), 49–58.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v10i2.3812
Article Metrics
Abstract view : 79 timesPDF - 13 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.