PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT PRIBADI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL

Dwi Cahyadi Wibowo, Mardawani Mardawani

Abstract


latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menulis surat pribadi. Hal ini, dikarnakan metode dan media yang digunakan kurang inovatif sehingga siswa kesulitan dalam menulis surat pribadi. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis surat pribadi menggunakan media audio visual  pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiah Thariqul Huda Sintang tahun pelajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 18 orang. Hasil penelitian menemukan bahwa terjadi peningkatan dalam menulis surat pribadi menggunakan media audio visual diperoleh nilai rata-rata pada siklus I adalah 6,66 dan Siklus II 7,55.

Full Text:

PDF

References


Iskandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada.

Kustandi. 2011. Media Audio Visual. Bogor: Ghalia.

Lestari, dkk. 2005. Pembelajaran Bahasa dan sastra Indonesia. Klaten PT. Intan paliwara :Paramitra.

Nurjamal, Daeng. 2011. Terampil Berbahasa Menyusun Karya Tulis Akademik, Memandu Acara (MC-Moderator), dan Menulis Surat. (Cetakan Ke-tiga). Bandung: Alfabeta.

Rivai, Ahmad & Nana Sudjana. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Robbins. 2000. Teori Belajar dan Pembelajaran Edisi 1. Bandung: Pakar Raya.

Satori, L., Djam’al, L., Aan Komariah. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Pembimbing (Bimbingan dan Konseling). (Cetakan Pertama). Yogyakarta: Paramitra.

Tarigan, S Hery Guntur, R. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Edisi revisi. Bandung: AngkasA.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v2i1.8

Article Metrics

Abstract view : 377 times
PDF - 401 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.