THE INTERNAL CONTROL EXAMINATION LOANS OF MEMBERS ON (CREDIT UNION) BONAVENTURAIN SINGKAWANG

Harianto Harianto, Singgih Tiwut Atmojo, Nova Wijaya

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas pengendalian internal atas kredit pinjaman yang di berikan oleh CU Bonaventura Singkawang dan mengetahui faktor-faktor yang terjadi dalam pengajuan kredit serta bagaimana pelayanan yang di berikan oleh Pihak perusahan. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian deskriptif dalam bentuk studi kasus pada CU Bonaventura di Singkawang. Data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan obrservasi. Sedangkan analisis data dilakukan teknik analisis data kualitatif. Pada penelitian ini hanya membatasi pada tiga aspek utama yaitu Analisis pelayanan terhadap pemberian kredit dan pengendalian internal CU Bonaventura Singkawang, Analisis terhadap proses siklus kredit pinjaman dan efektivitas pengendalian internal pemberian kredit pinjaman dan faktor–faktor yang menyebabkan pengajuan kredit dan pengendalian perusahaan menjadi tidak efektif. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa pelayanan pengajuan kredit sudah cukup baik prosedur yang mudah dipahami serta jelas sehingga memudahkan calon debitur. Pengajuan kredit pinjaman dan pengendalian internal pada CU Bonaventura singkawang dinilai sudah efektif dan memadai dimana terdapat pemisahan tugas, wewenang, dan tanggung jawab. Faktor penghambat dari internal yang terjadi umumnya hanya  Human Error, faktor ekternal adalah kurangnya kesadaran debitur serta penyalah gunaan pinjaman. Pemeriksaan itu penting baik secara internal maupun eksternal sehingga dapat kesimpulan yang benar dan aktivitas operasional perkreditan khususnya CU Bonaventura Singkawang dapat berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan perusahan.

Kata kunci :Pemeriksaan, Pengendalian Internal, Pinjaman, Anggota

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, Amirah. 2013. Tinjauan Efektifitas Penerapan Sistem Pengendalian Internal Pemberian Kredit Pada PT BANK MEGA Cabang Makassar. Repository Hasanudin University.

Amanina, Ruzzana. 2011. Evaluasi Terhadap Sistem Pengendalian Intern Pada Proses Pemberian Kredit Mikro (Studi pada PT. Bank Mandiri (PERSERO) tbk Cabang Majapahit Semarang). Diponegoro University Instutional Repository.

Budisantoso, Totok dan Sigit Triandaru. 2006. Bank dan Lembaga Keuangan Lain, Edisi Kedua. Salemba Empat. Jakarta

Halim, Abdul, Achmad Tjahjono, dan Muh. Fakhri Husein. 2000. Sistem Pengendalian Manajemen, Edisi Revisis. Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN. Yogyakarta

Kasmir. 2002. Perbankan dan Lembaga Keuangan lain. Salemba Empat. Jakarta

Kumat, Valery G. 2011. Internal Audit. Erlangga. Jakarta

Kuncoro, Mudrajad. 2007. Metode kuantitatif, Edisi Ketiga. Palagan Tentara Pelajar. Yogyakarta

Mayangsari, dan wandanarum. 2013. Auditing Pendekatan Sektor Publik dan Privat. Media Bangsa. Jakarta

Sawyer , Dittenhofer, S. Cheiner. 2005. . Internal Auditing, Buku Satu, Edisi Kelima. Salemba Empat. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.31932/jpe.v3i2.339

Article Metrics

Abstract view : 256 times
PDF - 239 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURKAMI : Jurnal Pendidikan Ekonomi



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.