ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS X SMKN 1 JEMBER MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aldabbus, S. 2018. Project-Based Learning: Implementation & Challenges. International Journal of Education, Learning and Development 6(3): 71-79.
Artika, L. Y., Uyun, M., & Isnaini, M. 2023. Keterampilan Berpikir Kreatif Melalui Project Based Learning. Raudhah Proud to be Professionals Journal Tarbiyah Islamiyah 8(1): 2746-2447.
Arviansyah, M. R., & Shagena, A. 2022. Efektivitas dan Peran dari Guru dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Lentera Jurnal Ilmiah Kependidikan 17(1): 40-50.
Candra, R. A., Prasetya, A. T., & Hartati, R. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Penerapan Blended Project-Based Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 13(2): 2437-2446.
Hidayati, N., & Siswanto, J. 2020. Profil Berpikir Kreatif Melalui Project Based Learning Bermuatan ESD pada Konsep Sel Siswa Kelas XI MIPA SMAN 1 Bantarbolang. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran 14(1): 1-5.
Kamarullah, H., Marganingsih, A., & Thoharudin, M. 2024. Pengaruh Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi di MAN 1 Sintang. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI) 9(1): 2657-1528.
Kamilasari, N. W., Astutik, S., & Nuraini, I. 2019. Model Pembelajaran Collaborative Creativity (CC) Berbasis SETS Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Fisika. Digital Repository Unej 4(1).
Lasaiba, M. A. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Geografi Peserta didik MAN 2 Ambon. Geoforum 1(1): 20-30.
Lubis, H., Suyanti, R. D., & Lubis, W. 2022. Analisis Pengaruh Model Project Based Learning dan Sikap Ilmiah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Paedogogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 9(4): 743-753.
Mokambu, F. 2021. Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran IPA di Kelas V SDN 4 Talaga Jaya. Prosiding. Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Negeri Gorontalo: 56-62.
Nawangsari, N. S., Pujiastuti, P., & Gularso, D. 2022. The Effect of Project-Based Learning Model on PGSD Students’ Critical Thinking Skill. Jurnal Prima Edukasia 10(1): 19- 27.
Nury, N., Munawaroh, F., Hadi, W. P., & Rosidi, I. 2019. Pengaruh Model Project Based Learning dengan Menggunakan Strategi Poster Session Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Natural Science Education Research 2(1).
Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel Penelitian. Alfabeta. Bandung.
Sa'diyah, I., Safitri, E. M., Ahmadi, A., Arta, S., Irawan, P. N., & Wulandari, F. 2022. Metode Pembelajaran Project Based Learning (PBL) Ruang Literasi. Thalibul Ilmi Publishing & Education. Gresik.
Sumartini, T. S. 2019. Kemampuan Berpikir Kreatif MahaPeserta didik Melalui Pembelajaran Mood, Understanding, Recall, Detect, Elaborate and Review. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 8(1): 13-24.
Tatsar, M. Z., Rohman, D. C., & Salamah, U. 2023. Analisis Kemampuan Kreativitas Siswa Berbasis Proyek Energi Terbarukan Berbantuan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pembelajaran IPA dan Aplikasinya (QUANTUM 3(1): 23-35.
Vioreza, N., Marhamah, Nugroho, B. T., Solihat, E., Hasanah, N., Oktaviana, E., ...Ginting, M. 2020. Call for Book Tema 4 (Model dan Metode Pembelajaran). CV Jakad Media Publishing. Surabaya.
Widaningsih. 2022. Dasar-dasar Pemasaran untuk SMK/MAK Kelas X Volume 2. Erlangga. Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpe.v9i2.3586
Article Metrics
Abstract view : 130 timesPDF - 42 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .