PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI SEBAGAI PENUNJANG MATERI TAHAP PENCATATAN DALAM SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA

Febriza Restiana Putri, Vivi Pratiwi

Abstract


21st century learning prepares learners to have technological skills through the provision of web-based learning multimedia. Learning multimedia that can be accessed through the website can increase motivation and make it easier for students to learn to understand the subject matter. This study aims to describe the development process, analyse the feasibility results, and determine the students' response to the wixsite-assisted accounting learning multimedia product as a support for the recording stage material in the service company accounting cycle. The subject of development research is students of class X AKL SMK PGRI 2 Sidoarjo. This research was developed with the ADDIE development model through 5 stages. The results of the development research show that learning multimedia is feasible to use with details of the results of material expert validation 91.7%, language experts 98%, and media experts 95.93%. The application of learning multimedia developed for students obtained a very good response, with a percentage result of 95%. Based on these results, wixsite-assisted accounting learning multimedia is feasible and can be used in the learning process to support the material for the recording stage of the service company accounting cycle.

Full Text:

PDF

References


Adzkiya, Dilla Safira, dan Maman Suryaman. 2021. “Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD.†Jurnal Teknologi Pendidikan6(2): 1–7.

Bahtiar, Moh. Danang, Vivi Pratiwi, dan Han Tantri Hardini. 2021. “V-Lab Accounting: Solusi Pembelajaran Praktikum Pajak di Masa Pandemi.†Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(6): 5066–75.

Bani, Kristian Andreas Doku. 2019. “Aplikasi Pemesanan Paket Wisata Gunung Mas di Flores NTT Berbasis Web.†STMIK AKAKOM Yogyakarta.

Diraya, Inayatun, dan Chairatul Umamah. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Berbantuan Platform Wix Pada Materi Gelombang untuk Siswa SMK.†Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika 6(2): 347.

Feby, Alifa, Nutr Aini, Aning Wida Yanti, dan Hernik Farisia. 2024. “Pengembangan Media Komik ‘ K OKO ’ Berbasis Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar.†Jurnal Review Pendidikan Dasar 10(2): 156–66.

Firmadani, Fifit. 2020. “Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi 4.0.†Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional 2(1): 93–97.issn: 2654-8607.

Habibie, Yunita. 2019. “Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Teknologi Komunikasi dan Informasi Melalui Penerapan Multimedia Pembelajaran.†Seminar Nasional Teknologi, Sains, dan Humaniora 4(1): 102–8.

Hadiyanto, Rakhmad. 2023. “Pengembangan Instrumen Asesmen Uji Kompetensi Siswa SMK Untuk Jabatan Teknisi di Dunia Kerja Bidang Otomotif.†Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter (JIPK) 8(3): 38–46.

Hasan, Muhammad dkk. 2021. Tahta Media Group Media Pembelajaran. ed. Sukma Fatmawati.

Hidayat, Fitria. 2021. “Model ADDIE dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.†Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI) 1(1): 28–38.

Insani, Aqila. 2023. “The Effect of The Wix Website Assisted Problem-Based Learning Model to Improve Student Learning Outcomes on Work and Energy.†Prosiding Seminar Nasional Fisika 11: 213–18.

Khasanah, Siti. 2022. “Flipped Classroom Meningkatkan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi dan Keaktifan Peserta Didik Pada Masa Pandemi.†Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 8(1): 65–72.

Mariana, N., Relita, D. T., & Marganingsih, A. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP PANCA SETYA 1 SINTANG. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 9(1), 99-109.

Oktafia, Melinda Ayu, dan Dhiah Fitrayati. 2024. “Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis Gamifikasi Pada Mata Pelajaran Ekonomi.†JURKAMI: Jurnal Pendidikan Ekonomi 9(1): 34–42.

Pertiwi, Elsa, dan Dedy Irfan. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X TKJ Di SMK Negeri 1 Painan.†INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science 4(2): 202–8.

Rahman, Danial. 2021. “Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar dan Informasi.†Jurnal Perpustakaan dan Informasi 1(1): 9–14. https://ummaspul.e- journal.id/RMH/article/view/1391%0

Rahmawati, Restia, Yanni Achdiani, dan Mustika Nuramalia Handayani. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Wix Pada Mata Pelajaran Produksi Pengolahan Hasil Nabati Di Smkn 2 Cilaku Cianjur.†Edufortech 6(2).

Ratih, Severina. 2023. “Mengenal Wix Website Builder Beserta Fiturnya.†bikin.website. https://bikin.website/blog/mengenal- wix-website-builder/.

Roro, Raden, Kaspul, dan M. Arsyad. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik (E- Modul) Berbasis Flip Pdf Professional Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas XI SMA.†JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 1(2): 93–104.

Said, Hans Piter Pesik; Muh. Asri Hente; Arsyad. 2022. “Pemanfaatan Fasilitas Wifi terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Kristen GPID ( Gereja Protestan Indonesia Donggala ) Sumber sari Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong.†Jurnal Kolaboratif Sains 04(02): 120–23. ISSN2623-2022.

Sampelolo, Rigel, Ferayanti Boan Gallaran, dan Perdy Karuru. 2022. “PKM Bahan Ajar Berbasis Website Bagi Guru SMP Negeri di Kecamatan Sesean, Rantepao, Toraja Utara.†ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 4(1): 110–16.

Siga, Robertus Romy. 2023. “Peningkatan Hasil Belajar Jurnal Penyesuaian Melalui Model Pembelajaran Langsung Dengan Pendekatan Flipped Classroom.†EKONOMIKA45 : Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan 10(2): 385–401.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Suriyanti, Y., Relita, D. T., Thoharudin, M., & Sore, A. D. (2023). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PEMBERDAYAAN EKONOMI LOKAL PADA PELAJARAN IPS KELAS VII SMP DI KOTA SINTANG. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 8(3), 756-767

Triansari, Nia. 2019. “Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya, Kinerja Mengajar Guru, dan Kemandirian Belajar Terhadap Motivasi Belajar Dasar-Dasar Akuntansi.†Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia XVII(2): 101–16.

Tuhuteru, Laros dkk. 2023. “Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital dan Informasi di Indonesia Pada Era Distruptif.†Jurnal Pendidikan dan Konseling 5(2): 4093–96. e-issn: 2685-936X.

Zahwa, Feriska Achlikul, dan Imam Syafi’i. 2022. “Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.†Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi 19(01): 61–78.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpe.v9i2.3649

Article Metrics

Abstract view : 132 times
PDF - 62 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
This work is licensed under Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .