PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN ENTREPRENEURIAL MINDSET SISWA DI SMK DARUL ULUM AS SURUR KELAS X
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anisensia, T., Bito, G. S., & Wali, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SDI Blidit Kabupaten Sikka. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 61–69.
Athia, I., Saraswati, E., & Normaladewi, A. (2018). Penerapan Business Model Canvas (Bmc) Untuk Mendorong Mindset Kewirausahaan Di Kalangan Mahasiswa Universitas Islam Malang. JU-Ke (Jurnal Ketahanan Pangan), 2(1), 66–75.
Balik, I. W. (2020). Penerapan Model Pembelajran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Bimbingan Individu dan Kelompok untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 4(2), 145–152.
Cui, J., & Bell, R. (2022). Behavioural entrepreneurial mindset: How entrepreneurial education activity impacts entrepreneurial intention and behaviour. The International Journal of Management Education, 20(2), 100639.
Daspit, J. J., Fox, C. J., & Findley, S. K. (2023). Entrepreneurial mindset: An integrated definition, a review of current insights, and directions for future research. Journal of Small Business Management, 61(1), 12–44.
Davis, M. H., Hall, J. A., & Mayer, P. S. (2016). Developing a new measure of entrepreneurial mindset: Reliability, validity, and implications for practitioners. Consulting Psychology Journal: Practice and Research, 68(1), 21.
Diawati, P., & Mulyati, E. (2022). Ekosistem Kewirausahaan Dalam Membangun Mindset Kewiraushaan di Era Digital pada Mahasiswa Politeknik Pos Indonesia. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(9), 2071–2078.
Haynie, J. M., Shepherd, D., Mosakowski, E., & Earley, P. C. (2010). A situated metacognitive model of the entrepreneurial mindset. Journal of Business Venturing, 25(2), 217–229.
Ilahiyyah, I., Iriani, S. S., Harti, H., & Izzuddin, M. G. (2022). Implementasi Project-based Learning untuk Meningkatkan Entrepreneurial Mindset dan Entrepreneurial Skills pada Siswa SMK Nurul Islam. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 11(2), 197–211.
Isnaini, F., & Kurniawan, M. I. (2020). The concept of STAD (Student Team Achievement Division) cooperative learning model according to Robert E. Slavin. Indonesian Journal of Education Methods Development, 10, 10–21070.
Jannah, N., & Khairuna, K. (2022). The Influence of Learning Outcomes Using the Entrepreneurship-Based of Project Based Learning (PJBL) Model: The Application to the First Grade (X class) of Senior High School Students in Mushroom Material. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus, 8(2), 430–441.
Kuratko, D. F., Fisher, G., & Audretsch, D. B. (2021). Unraveling the entrepreneurial mindset. Small Business Economics, 57(4), 1681–1691.
Kusumaningrum, K. D. (2022). The Development of Entrepreneurship Learning Model Based upon Local Potential to Increase Interest in Entrepreneurship at SMK Negeri 1 Salatiga. Journal of Economic Education, 11(1), 179–189.
Noviana, E., & Huda, M. N. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar PKN siswa kelas IV SD Negeri 79 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 204–210.
Nugroho, U., & Edi, S. S. (2009). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berorientasi keterampilan proses. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(2).
Perkasa, D. H., & Abadi, F. (2020). Model hubungan entrepreneurial leadership, entrepreneurial culture dan entrepreneurial mind-set terhadap organizational performance melalui innovation sebagai variabel mediasi. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 5(2), 15–28.
Pidduck, R. J., Clark, D. R., & Lumpkin, G. T. (2023). Entrepreneurial mindset: Dispositional beliefs, opportunity beliefs, and entrepreneurial behavior. Journal of Small Business Management, 61(1), 45–79.
Pritasari, O. K., & Wilujeng, B. Y. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 2(1), 14–18.
Putra, A. M. S., & Siregar, K. E. (2023). Challenges and Opportunities for Madrasah in Improving The Competence of Graduate Students. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 492–505.
Rando, A. R., & Pali, A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial. Mimbar PGSD Undiksha, 9(2), 295–300.
Ridwan, M. (2023). Penerapan Bussiness Model Canvas Pada Mata Kuliah Praktik Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Kemampuan Promosi dan Periklanan Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Publipreneur, 11(2), 91–96.
Sasmita, S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperative Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 22 Makassar. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 6(3), 509–521.
Setianingrum, H. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Pada Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Berwirausaha Peserta Didik. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 3(4), 1–14.
Sinay, F. R. (2025). Entrepreneurial Mindset for Students of SMA Negeri 1 West Seram Regency. Jurnal Pengabdian Arumbai, 3(1), 12–20.
Sukaesih, O. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada Pembelajaran Mengidentifikasi Jenis Makanan Hewan Di SD. Mimbar Sekolah Dasar, 2(1), 46–59.
SULISTYANI, S. (2022). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE (STAD) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PROSES ALAM ENDOGEN TERHADAP PEMBENTUKAN MUKA BUMI. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 2(4), 196–202.
Suparmini, M. (2021). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Journal of Education Action Research, 5(1), 67–73.
Suryana, F. A. (2013). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi IPA terpadu bunyi dan sistem pendengaran pada manusia di kelas VIII SMPN 1 Pacet Mojokerto. PENSA: E-Jurnal Pendidikan Sains, 1(01).
Wahyuni, D. (2019). Pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap motivasi berwirausaha pada mahasiswa pendidikan ekonomi STKIP PGRI Jombang. JOURNAL PROCEEDING, 2(1).
Wulandari, I., & Kunci, K. (2022). Model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement division) dalam pembelajaran MI. Jurnal Papeda, 4(1).
DOI: https://doi.org/10.31932/jpe.v10i2.4795
Article Metrics
Abstract view : 157 timesPDF - 26 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .