PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH MANAJEMEN KEUANGAN

Emilia Dewiwati Pelipa, Anna Marganingsih

Abstract


Abstract: The purpose of this study was to determine the effect of the open-ended learning approach to student learning outcomes in financial management courses. The research approach used is quantitative.The research method used is experiment.The form of research used was quasy experimental design with nonequivalent control group design.The population in this study are students of economic education study programs who are taking financial management courses.The sampling technique used is nonprobability sampling with a purposive sampling design. Data collection techniques and tools used were measurement techniques (test sheets) and indirect communication techniques (questionnaire sheets).The results of hypothesis testing in the experimental class posttest and control class with tcount of 2.1234 and ttable at a significant level 0.05 of 2.00665 which means tcount> ttable (2.1234> 2.00665).The results of the questionnaire aimed at students obtained a score of 84.03%. From all the data collected it can be concluded that there is a significant influence of the open-ended learning approach to student learning outcomes in financial management courses in the STKIP economic education study program at Sintang equator. Keywords: Electronic Notification Letter (e-SPT), Taxpayer Compliance Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuipengaruh pendekatan open-ended learning terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah manajemen keuangan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan adalah quasy eksperimental design dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa program studi pendidikan ekonomi yang sedang menempuh matakuliah manajemen keuangan. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan desain purposive sampling. Teknik dan alat pengumpul data yang digunakan adalah teknik pengukuran (lembar tes) dan teknik komunikasi tidak langsung (lembar angket). Hasil pengujian hipotesis pada posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan perolehan thitung sebesar 2,1234 dan ttabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 2,00665 yang artinya thitung>ttabel (2,1234>2,00665). Hasil angket yang ditujukan pada Mahasiswa memperoleh skor sebesar 84,03%. Dari seluruh data yang telah dikumpulkan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan open-ended learning terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah manajemen keuangan di program studi pendidikan ekonomi STKIP persada khatulistiwa Sintang). Kata kunci: Pendekatan Open-Ended Learning , Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Ariani, I M Desi. 2014. Pengaruh Implementasi Open-Ended Problem Dalam Pembelajaran Matematika TerhadapKemampuan Pemecahan Masalah Dengan Pengendalian Kemampuan Penalaran Abstrak. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4, Nomor 1 Tersedia Pada http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_ep/article/view/ (diakses pada tanggal 14 Maret2020).

Houston dan Brigham. 2011. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat

Kuncoro, H. A. 2011. Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Skripsi. Tulungagung: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri. (http://scholar.com, diakses 23 Maret 2020).

Miftahul Huda. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran : Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis,Pustaka Pelajar, Yogyakarta, hlm.278

Rahmawati, ES Yeni. 2014. Keefektifan Pendekatan Open-Ended Dan Ctl Ditinjau Dari Hasil Belajar Kognitif DanAfektif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Volume 1, Nomor 1. Tersedia padahttp://download.portalgaruda.org/article.php?article=105343&val=1342 (diakses pada tanggal 26Maret 2020).

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR RUZZ MEDIA

Sugiyono. 2013 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Wina Sanjaya. 2010. Kurikulum dan pembelajaran: Teori dan praktik pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpe.v5i1.725

Article Metrics

Abstract view : 274 times
PDF - 264 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
This work is licensed under Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .