PENGARUH MODEL THINK PAIR AND SHARE BERBASIS MEDIA TREE CHART TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

Yolanda Ave Queen, Markus Iyus Supiandi, Benediktus Ege

Abstract


Hasil belajar kognitif adalah salah satu dari tiga jenis hasil belajar yang diukur pada suatu proses pebelajaran.  Hasil belajar kognitif siswa akan lebih baik apabila menerapkan berbagai model maupun media pembelajaran salah satunya adalah model pembelajaran Think, Pair and Share (TPS) berbasis media Tree Chart. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model TPS berbasis media Tree Chart terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X SMA Negeri 1 Silat Hulu pada materi Keanekaragaman Hayati. Pendekatan dalam penelitian ini berupa pendekatan kuantitatif dengan bentuk penelitian Quasi Eksperimental Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas X SMA Negeri 1 Silat Hulu terdiri dari 129 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan total sampel 58 siswa, 29 siswa untuk kelas eksperimen dan 29 siswa untuk kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran. Instrumen untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa berupa soal pilihan ganda sebanyak 30 item. Berdasarkan uji hipotesis pada posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai sig. (2–tailed) sebesar 0,00 dan α = 0,05. Pengujian hipotesis membuktikan bahwa nilai sig. (2–tailed) < α (0,002< 0,05) yang artinya Ho ditolak dan H1 diterima, yakni terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada pengukuran akhir posttest.


Full Text:

PDF

References


Akadianto. (2012). Penerapan strategi TPS dalam pembelajaran matematika pada bangun datar untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar (studi pada materi pokok reaksi redoks). Jurnal Keguruan, 12(1), 2-18.

Lie, A. (2010). Cooperative learning mempraktikkan cooperative learning di ruang-ruang kelas. Jakarta: Grasindo.

Mulyono, O., Bustami, Y., & Julung, H. (2017). Peningkatan hasil belajar kognitif siswa biologi sekolah menengah pertama melalui metode demonstrasi. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 2(2): 15-19.

Notoatmodjo, S. (2003). Pengembangan sumber daya manusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Reflianto, A., Bustami, Y., & Syafruddin, D. (2019). Efektivitas metode sosiodrama terhadap hasil belajar kognitif dan minat belajar siswa biologi. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education (AIJBE), 2(1): 1-6.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpbio.v4i1.355

Article Metrics

Abstract view : 315 times
PDF - 221 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.