PENINGKATAN LITERASI BISNIS DIGITAL DALAM PENGELOLAAN USAHA TANI PERKOTAAN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan Media Sosial bagi Pengembangan Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif pada Distro di Kota Surakarta). DutaCom Journal, 9(1), 43–54.
Anindia Putra, I. N. T., Kartini, K. S., & Dewi, L. G. K. (2019). Sentuhan Digital Bisnis (Teknologi Informasi) pada UMKM Studi Kasus : Pemasaran Produk Adi Upakara. Arianto, B.--. (2020). Peran Buzzer Media Sosial Dalam Memperkuat Ekosistem Pemasaran Digital. Optimum: Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan, 10(1), 52.
DEWI, I. A. L., & USTRIYANA, I. N. G. (2018). Kelayakan Finansial Usahatani Buah Naga Di Daerah Perkotaan Sebagai Alternatif Tambahan Pendapatan Petani. Jurnal Agribisnis Dan Agrowisata (Journal of Agribusiness and Agritourism), 7(1), 172.
Fachrurrozie, Mukhibad, H., Nurkhin, A., Hobar, A., & Sari, P. N. (2021). Peningkatan Literasi Bisnis Digital dan Literasi Keuangan. Jurnal Implementasi, 1(1), 41–47.
Fauzi, A. R., Ichniarsyah, A. N., Agustin, H., Agroekoteknologi, P. S., Trilogi, U., & Selatan, J. (2016). Pertanian Perkotaan : Urgensi, Peranan, Dan Praktik Terbaik. Jurnal Agroteknologi, 10(01), 49–62.
Hanggono, A. A., Handayani, S. R., & Susilo, H. (2016). Analisis Atas Praktek TAM Dalam Mendukung Bisnis Online Dengan Memanfaatkan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 26(1), 1–9.
Hansen, S. (2020). Investigasi Teknik Wawancara dalam Penelitian Kualitatif Manajemen Konstruksi. Jurnal Teknik Sipil, 27(3), 283.
Hasan, M., Santoso, I. R., Syahfitri, D. A., Amalia, A., & ... (2021). Literasi Kewirausahaan dan Literasi Bisnis Digital Pada Generasi Milenial Pelaku Usaha: Perspektif Kirzerian Entrepreneur. Journal of Business, 6(1), 28–39.
Haq, A. A. F., & Ilyan Sandrian Kusnanto, D. F. (2020). Pengaruh potongan harga terhadap pembelian impulsif pada pengguna aplikasi grab (grabfood). Jurnal Manajemen, 12(1), 1–9.
I Made Diarta, I Made Tamba, N. P. N. S. (2019). Penguatan Literasi Petani Terhadap Pengembangan Usaha Tani Padi Berbasis Organik Di Subak Meliling, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan. Jurnal Bakti Saraswati, 08(01), 27–34.
Khoiroh, S. M., Mundari, S., Sofianto, R., & Septiana, A. (2019). Pengaruh Digital Marketing, Profitability, Literasi Keuangan, Dan Pendapatan Terhadap Keputusan Investasi Lat (Lobster Air Tawar) Di Indonesia. Teknika: Engineering and Sains Journal, 3(2), 71.
Kilmanun, J. C., Serom, D., Pengkajian, B., Pertanian, T., & Barat, K. (2018). Peran Media Komunikasi Dalam Transfer Teknologi Mendukung Pengembangan Taman Agroinovasi Di Kalimantan Barat the Role of Communication Media in Technology Transfer To Support the Development of Agroinovation Garden in West Kalimantan. Jurnal Pertanian Agros, 20(2), 134–139.
Kustiani, I., Irianti, L., Purba, A., & Siregar, A. M. (2020). Pemberdayaan kelompok tani kampung agrowidya wisata sinar harapan melalui pelatihan teknologi vertiminaponik pendukung pertanian perkotaan. Riau Journal of Empowerment, 1(1), 10.
Laluyan, G. I., Wibowo, I., & Setiorini, A. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen JD.id Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana Amanda Setiorini, 7(3), 1–13.
Malian, A. H., & Siregar, M. (2000). Peran Pertanian Pinggiran Perkotaan dalam Penyediaan Kesempatan Kerja dan Pendapatan Keluarga. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 18(1–2), 65.
Mamondol, M. R. (2016). Economic Feasibility Analysis of Rice Field Farming at Pamona Puselemba District. Envira, 2(1), 1–10.
Maryo Lussy Grace Sumangkut, Jolanda Kitsia Juliana Kalangi, W. T. (2020). Kajian Pengelolaan Bisnis Usahatani Terpadu Di Jalan Boulevard Tondano. Jurnal Nasional Sinta 5, 16(2), 301–312.
Muttaqim, Z., Ningsih, F. A., & Sholihuddin, M. (2021). Penguatan Ekonomi Rumah Tangga dengan Literasi Bisnis Digital pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Kendung dan Medokan Ayu – Kota Surabaya. VIVABIO: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 3(2), 35.
Ratna Gumilang, R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14.
Santoso, E. B., & Ratna Widya, R. (2014). Gerakan Pertanian Perkotaan Dalam Mendukung Kemandirian Masyarakat Di Kota Surabaya. Seminar Nasional Cities, 16(November), 11.
Situmeang, R. R. (2018). Dampak Bisnis Online Dan Lapangan Pekerjaan Terhadap Peningkatan Pendapatan Masyarakat (Studi Kasus Jasa Bisnis Online Transportasi Grab Di Kota Medan). Ajie, 03(3), 319–335.
Tresnawati, Y., & Prasetyo, K. (2018). Pemetaan Konten Promosi Digital Bisnis Kuliner kika’s Catering di Media Sosial. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 102. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15333
Utami, D. P. (2020). Pengenalan Digital Marketing dalam Pemasaran Produk Pertanian Untuk Petani Milenial Desa Wonotulus Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo. Seminar Nasional Karya Pengabdian Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Mataram, 25–32.
Veranita, M., Yusuf, R., Sahidin, Y., Susilowati, R., Fatihah, D. C., & Warsiati, W. (2021). Empowering UMKM Dengan Pemanfaatan Digital Marketing Di Era New Normal (Literasi Media Digital Melalui Webinar). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 4(2), 159–168.
Waqfin, M. S. I., Fanani, M. R., & Luyunah, L. (2020). Potensi Herbarium untuk Meningkatkan Kreatifitas dan Peluang Bisnis Melalui Digital Marketing. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 36–42.
Wibowo, A., & Basri, B. (2020). Literasi dan Harmonisasi Sosial: Desain Literasi Digital Berbasis Kearifan Lokal pada Masyarakat Pedesaan. NALAR: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, 4(2), 106–121.
Wibowo, Y. G. (2021). Analisa Literasi Digital Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Makanan Islami Dalam Kemasan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 7(1), 127–134.
Widyastuti, D. A. R., Nuswantoro, R., & Sidhi, T. A. P. (2016). Literasi Digital pada Perempuan Pelaku Usaha Produktif di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal ASPIKOM, 3(1), 1.
Winarsih, E., & Furinawati, Y. (2018). Literasi Teknologi Dan Literasi Digital Untuk Menumbuhkan Keterampilan Berwirausaha Bagi Kelompok Pemuda Di Kota Madiun. Prosiding Seminar Nasional & Internasional, 1(1), 23–29.
Yulida, R., Rosnita, R., Kurnia, D., Andriani, Y., & Restuhadi, F. (2020). Pelatihan Penggunaan Website Untuk Meningkatkan Literasi Media Petani Kelapa Sawit Di Desa Kiap Jaya Kecamatan Bandar Sei Kijang Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 3(2), 306–316.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpe.v7i2.1757
Article Metrics
Abstract view : 368 timesPDF - 190 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .