PENGARUH KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SELAMA PEMBELAJARAN HYBRID PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Rosari Nabila Denada, Dhiah Fitrayati

Abstract


requires student interest in learning so it is not surprising that student learning outcomes is relatively low. This is because students' mastery of economics subjects is still low. This study aims to determine the effect of discipline and learning motivation on learning outcomes in economics subjects at the time of hybrid learning in students of SMA Negeri 16 Surabaya. This type of research is quantitative research. Data collection techniques using questionnaires and documentation. The data collection tools using questionnaires. The results showed that the variables of discipline and learning motivation had a positive and significant effect both partially or simultaneously on learning outcomes. Based on the coefficient of determination, the variables of discipline and learning motivation contributed 29.1% to the learning outcomes of students. Suggestions from researchers to train the students to independently master the assigned tasks and to encourage the will to learn


Keywords


Dicipline; Learning Motivation; Learning Outcomes

Full Text:

PDF

References


Annauval, A. R., & Ghofur, M. A. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2114–2122.

Anwar, A. S. (2020). Pengaruh Kedisiplinan, Perhatian Orang Tua dan Minat terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Education, 7(1), 32–44. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/viewFile/14879/14432

Arista, I. D. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar dan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kedamean Gresik. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3), 302–309.

Arsy, C. W. W., Ariyanto, L., & Harun, L. (2021). Pengaruh Kedisiplinan dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(6), 535–546. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i6.9877.

Asyrofi, M. A. M., & Junaedi, I. (2017). Kemampuan representasi Matematis Ditinjau dari Multiple Intellingence Pada Pembelajaran Hybrid Learning Berbasis Konstruktivisme. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 32–39.

Aulia, M. M., Setiyoko, D. T., & Sunarsih, D. (2021). Penanaman Nilai Multikultural dengan Metode Hybrid Learning Pada Masa Pandemi Covid-19. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 1(02).

Chulsum, U. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kedisiplinan Siswa, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa di Siswa SMA Negeri 7 Surabaya. Journal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan (JPEK) UNESA, 5(1), 1–16.

Datu, A. R., Tumurang, H. J., & Sumilat, J. M. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(2), 1959–1965.

Daud, F. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 19(2), 243–255.

Febrianti, L., & Rachmawati, L. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 3 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(2).

Fitriani, F. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa di SMP Karya Indah Kecamatan Tapung. PEKA, 4(2), 137–142.

Halilah, H. F., Tari, F. A., & Rusdiana, D. (2022). LKPD Interaktif dalam Pembelajaran Berbasis Projek dalam Bentuk Hybrid learning. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 131–143.

Harun, A., Asiah, N., Kuswanto, C. W., Iqbal, A., & Diadara, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 349–359.

Haryono, S. (2018). Pengaruh Kedisiplinan Siswa dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(3), 261–274.

Irfan, Hendra, A. (2019). Pengaruh Fasilitas, Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. JUPE, 7(3), 71–75.

Jumarniati, J., & Anas, A. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi PGSD. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 41–47. https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.113

Kristin, F., & Kencana Sari, F. (2019). Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa dalam Mata Kuliah Konsep Dasar IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 31. https://doi.org/10.17509/jpis.v28i1.17810

Leluni, E. S., & Rahimah, N. (2021). Pengaruh Kedisiplinan dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ Pada Materi Menerapkan Logika dan Algoritma Komputer. Prosiding Seminar Nasional MIPATI, 1(1).

Liju, M. (2017). Pengaruh Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa SMA Negeri 1 Langowan Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1).

Matussolikhah, R., & Rosy, B. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 225–236.

Mauliddiyah, L., & Wulandari, S. S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Daring , Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 di SMKN 1 Surabaya. JURNAP PENDIDIKAN EDUKATIF, 4(2), 2213–2227.

Megawati, E., & Kadarisman, S. (2021). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Selama Pembelajaran Jarak Jauh Jurusan Tata Boga Smk Icb Cinta Wisata. 82–93. https://doi.org/10.32897/sobat3.2021.8

Meiliati, R., Darwis, M., & Asdar. (2018). Pengaruh motivasi belajar, self efficacy, dan self regulated learning terhadap hasil belajar matematika. Issues in Mathematics Education , 2(1), 83–91. http://www.ojs.unm.ac.id/imed

Ningtiyas, P. W., & Surjanti, J. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Pembelajaran Daring Dimasa Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1660–1668. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.630

Permana, H. A., & Latifah, L. (2017). Pengaruh Self Regulated Learning Lingkungan Keluarga, Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Kelas X Akuntansi SMK Pl Tarcisius Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Economic Education Analysis Journal, 4(3).

Pratama, F., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.63

Pratiwi, G. F. (2020). Pengaruh Kedisiplinan dan Motivasi Belajar Siswa Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Getasan Tahun Pelajaran 2019/2020. IAIN Salatiga, 145.

Pujadi, A. (2017). Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa. In Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa (Vol. 3, Issue 1, pp. 40–51).http://eprints.utm.my/id/eprint/6091/1/aziziyahbrahamMaslow.pdf

Pujiwidodo, D. (2018). pengaruh kedisiplinan dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran ips kelas x,xo,xii teknik komputer jaringan di smk hayam wuruk singosari malang. UIN Malang, III(2), 2016.

Purbiyanto, R., & Rustiana, A. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 341–361.

Putra, I. A. (2017). Orientasi Hybrid Learning Melalui Model Hybrid Learning Dengan Bantuan Multimedia di Dalam Kegiatan Pembelajaran. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 1(1), 36–42.

Rahmawati, R. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran. Eprints UNY, 146.

Rubiana, E. P., & Dadi, D. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar IPA Siswa SMP Berbasis Pesantren. Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 12. https://doi.org/10.25157/jpb.v8i2.4376

Rudini, A., Ruslan, R., & Daud, F. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Smp Negeri di Kecamatan Tamalate Kota …. Biolearning Journal, 8(2), 19–23. https://unimuda.e-journal.id/jurnalbiolearning/article/view/1670%0Ahttps://unimuda.e-journal.id/jurnalbiolearning/article/download/1670/871

Rusni, R., & Agustan, A. (2018). Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 1–9. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1233

Sari, N. K., & Himmi, N. (2019). Pengaruh Kedisiplinan, Rasa Percaya Diri, Dan Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 49–59. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v8i1.1784

Sobri, M., & Moerdiyanto, M. (2018). Pengaruh Kedisiplinan Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Madrasah Aliyah Di Kecamatan Praya. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 1(1). https://doi.org/10.21831/hsjpi.v1i1.2427

Sodikin. (2018). Pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar. UIN Maulana Malik Ibrahim, 39(1), 1–15. http://dx.doi.org/10.1016/j.biochi.2015.03.025%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/nature10402%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/nature21059%0Ahttp://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/nrmicro2577%0Ahttp://

Subahti, A., Halik, A., & Maryam. (2018). Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Di Kota Parepare. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 1–9.

Tampubolon, R. A., Sumarni, W., & Utomo, U. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3125–3133.

Tuapattinaya, P. M. J. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Hybrid learning Untuk Meningatkan Hasil Belajar Siswa Pada SMP Negeri 6 Ambon. Biosel: Biology Science and Education, 6(2), 186–192.

Wahab, V., Rahman, N., & Fitri, M. (2021). Pengaruh Kedisiplinan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Muhammadiyah Maumere. Economics and Education Journal (Ecoducation), 3(1), 63–72. https://doi.org/10.33503/ecoducation.v3i1.1182

Winulang, A. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar, Gaya Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Solihin Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 4(1), 185–193.

Wulansari, D. (2019). Pengaruh Kedisiplinan dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Kedungadem Kabupaten Bojonegoro (pp. 1–50).




DOI: https://doi.org/10.31932/jpe.v7i2.1760

Article Metrics

Abstract view : 499 times
PDF - 253 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
This work is licensed under Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .