PENGEMBANGAN PERMAINAN KARTU KUARTET MATERI ASAM, BASA DAN GARAM
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tingkat kelayakan dan respon guru terhadap Permainan Kartu Kuartet pada materi asam basa, dan garam di SMP Negeri 9 Pontianak. Bentuk penelitian dan pengembangan adalah (R&D) yang mengadopsi model pemngembangan ADDIE. Pengambilan data untuk mengetahui respon guru dengan cara memberikan angket kepada 3 Guru IPA di sekolah yang diteliti. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa Permainan Kartu Kuartet yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran ditinjau dari aspek kelayakan Bahasa 100% (sangat layak), media 100% (sangat layak) dan materi 91,66% (sangat layak), dan respon guru sebesar 81,24% terhadap Permainan Kartu Kuartet. Hal ini menunjukkan di SMP Negeri 9 Pontianak tergolong kategori sangat tinggi. Dengan demikian Permainan Kartu Kuartet dapat digunakan pada pembelajaran materi Asam Basa dan Garam sebagai media pembantu dalam pembelajaran.
Kata Kunci : Kartu Kuartet, Asam Basa Garam, Kelayakan, Respon
ABSTRACT
This research was conducted to determine the level of feasibility and teacher response to the Quartet Card Game on acid base and salt material Junior High School 9 Pontianak. The form of research and development is (R&D) which adopts the ADDIE development model. Collecting data to determine the teacher’s response by giving a questionnaire to 3 science teachers in the schools studied. The results of data processing show that the developed quartet card game is suitable for use in learning in terms of the percentage of language feasibility of 100%, media is 100%, in the proper category and material is 91,66%, with the very feasible category, and the teacher’s response was 81,24% for the Quartet Card Game. This shows that Junior High School 9 Pontianak is in the very high category. This the Quartet Card Game can be used in leraning of Acid Base and Salt materials as an auxiliary medium in learning.
Keywords: Quartet Card, Acid Base Sald, Feasibility, Response
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. 2015. Media Pembelajaran (eighteen ed). Jakarta: PT. Rajawali.
Arsyad, A. 2010. Media Pembelajaran .Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Asyhari, Ardian. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi. Vol 05.
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). 2006. Instrumen Penilaian Tahap I Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Nunuk S,dkk. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya.Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Prima, N. 2015. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak untuk Meningkatkan Kemmapuan Berhitung pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. Vol 03.
Rahmawati, Ida Sari, dkk. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Fabel dengan Macromedia Flash Bagi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan. Vol 01.
Riduwan. 2008. Pengantar Statistik untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
S. Prihatiningtyas, dkk. 2013. Implementasi Simulasi PhET dan KIT Sederhana Untuk Mengajarkan Keterampilan Psikomotorik Siswa pada Pokok Bahasan Alat Optik. Jurnal Pendidikn IPA Indonesia. Vol 1.
Setiyorini, I. 2013. Penggunaan Media Permainan Kartu Kuartet Pada Mata Pelajaran IPS untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jpgsd 01(02), 0-216.
Sudjana,N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alpabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung:Alfabet.
Suharsimi, Arikunto. (2006) Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.
Suryana, O, A., dkk. 2018. Desain Media Permainan Edukasi Berorientasi Chemo-Edutainment pada Pembelajaran Kimia SMA. Chemistry in Education.
Wati, Nenti Kurnia dan Rilia Iriani. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran
Simayang Tipe II Berbantuan Media Phet Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Representasi Visual Siswa Pada Materi Larutan Asam Basa.Jurnal Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, Vol.7.
DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v12i2.1250
Article Metrics
Abstract view : 373 timesPDF - 173 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.