WAWASAN MULTIKULTURAL DALAM SUPERVISI AKADEMIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ASPEK FIQIH DI SMP NEGERI KABUPATEN SINTANG

Ilhamdi Ilhamdi

Abstract


Penelitian ini adalah merupakan bagian dari upaya untuk memperbaiki pendidikan agama Islam (PAI), meningkatkan kompetensi guru dan pengawas. Penelitan ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui deskripsi dan menganalisis materi PAI aspek fiqih di SMP Negeri Kabupaten Sintang, apakah telah memuat prinsip-prinsip multikultural. (2) Untuk mengetahui deskripsi Rencana Kepengawasan Akademik (RKA) pengawas dalam materi pendidikan agama Islam aspek fiqih pada SMP Negeri Kabupaten Sintang apakah sudah berwawasan multikultural. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terbagi dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder.Sumber data primer meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru dan Rencana Kepengawasan Akademik (RKA) pengawas. Sedangkan sumber data sekunder terdiri dari bahan ajar materi pendidikan agama Islam aspek fiqih pada SMP Negeri Kabupaten Sintang.Untuk menganalisis data penelitian digunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian bahwa isi materi pendidikan agama Islam SMP aspek fiqih untuk kelas tujuh, kelas VII, VIII, dan kelas IX semester ganjil dan genap tidak memuat prinsip-prinsip yang berwawasan multikultural. Begitu juga dalam dokumen rencana kepengawasan akademik (RKA) pengawas PAI Tahun Pelajaran 2013/2014 semester ganjil dan genap masih difokuskan pada proses pembelajaran dan administrasi guru. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disarankan hendaknya kurikulum dan materi PAI aspek fiqih harus terus dikembangkan dengan memuat prinsip-prinsip multikultural, dengan cara melibatkan semua unsur yang berkompeten terutama GPAI dan pengawas.

 

Kata kunci: Rencana Kepengawasan Akademik (RKA), PAI Aspek Fiqih, dan Multikultural.

Full Text:

PDF

References


Abdullah M. Amin, Studi Agama Normativitas dan Historitas.Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996.

---------,Pendidikan Agama Era Multikultural-Multireligius. Jakarta:PSAP, 2005.

Arikunto Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Arifin Muhammad, Hubungan Timbal Balik Pendidikan, Jakarta: Bulan Bintang, 1985.

Arifin Syamsul, Silang Sengkarut Agama di Ranah Sosial Tentang Konflik, Kekerasan Agama dan Nalar Multikulturalisme. Malang: UMM Press, 2009.

Azra Azyumardi, Pendidikan Multikultural; Membangun Kembali Indonesia Bhineka Tunggal Ika, dalam Tsaqafah, Vol. Nomor 2 Tahun 2003.

Baidhawy Zakiyudin Baidhawy, Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural. Jakarta: Erlangga, 2005.

Barutt G Leroy and M.Lee Manning, Multicultural Education of Children and Adolescent. USA: A Pearson Education Company, 2000.

Bennet I Christine I Bennet, Comprehensive Multicultural Education: Theory and Practice.USA: Simon & Schuster Company, 1995.

Departemen Pendidikan Nasional Dirjen Dikdasmen, Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas, 2003.

DjajadisastraJoesoef, Pengantar Administrasi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud, 1976.

Depdikbud, Garis-Garis Besar Pengajaran. Jakarta: Depdikbud, 1995.

Glickman, Development Supervision; Alternative Practice for Helping Teacher Improve Instruction. Virginia: ASCD, 1981.

Imran Ali, Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Marimba A. Ahmad, Pengantar Filsafat. Bandung: PT. Al-Ma’arif, 1962.

Nahlawi An Abdurrahman An Nahlawi, Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Gema Insani Pers, 2000.

Naim Ngainun dan Achmad Syauqi, Pendidikan Multikultural; Konsep dan Aplikasi.Yogyakarta: AR-Ruzz Media, 2011.

Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan.

Syahid Ahmad, Peta Kerukunan Umat Beragama Provinsi Bengkulu.Jakarta: Depag RI, 2003.

Tahir Budiman, Pendidikan Agama Islam Dalam Prespektif Multikulturalisme. Jakarta: Balitbang Agama, 2009.

Tilaar.H.A.R, Multikulturalisme; Tantangan-tantangan Global Masa Depan Dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Grasindo,2004.

Zainuddin. M, “Pluralisme dan Dialog Antarumat Beragama”, dalam al-‘Adalah, Vol 10 No 2 Jember: STAIN Press, 2007.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v5i1.127

Article Metrics

Abstract view : 13 times
PDF - 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.