PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MEDIA MIND MAPPING DIGITAL DI SEKOLAH DASAR
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IVB SDN Pengadegan 07 Jakarta Selatan pada mata pelajaran IPA materi sumber energi dengan menggunakan media mind mapping digital yang menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis and McTaggart. Berdasarkan data yang telah diperoleh melalui metode observasi, wawancara dan hasil belajar yang dilakukan oleh peneliti serta berkolaborasi dengan wali kelas IVB menunjukkan bahwa pada pra-siklus terdapat rendahnya hasil belajar peserta didik dengan 50% dari 28 peserta didik belum tuntas KKM pada mata pelajaran IPA materi sumber energi di kelas IVB SDN Pengadegan 07 Jakarta selatan yang berjumlah 28 peserta didik terdiri dari 16 orang peserta didik laki-laki dan 12 orang peserta didik perempuan, pada siklus I diperoleh hasil ketuntasan belajar yang dinilai dari kognitif terdapat presentase ketuntasan belajar klasikal adalah sebesar 71% dari 28 peserta didik dengan nilai rata-rata klasikalnya 80,4. Kemudian pada siklus II diperoleh presentase ketuntasan belajar klasikal adalah sebesar 100% dengan nilai rata-rata klasikal sebesar 88. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan presentase ketuntasan klasikal sebesar 29% dan peningkatan nilai rata-rata klasikalnya mencapai 7,6. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media mind mapping digital mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas IVB SDN Pengadegan 07 Jakarta Selatan pada mata pelajaran IPA materi sumber energi.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Mind Mapping Digital
ABSTRACT
This study aims to improve the learning outcomes of class IVB students at SDN Pengadegan 07 South Jakarta in the science subject matter of energy resources by using digital mind mapping media using the Class Action Research (CAR) approach with the Kemmis and McTaggart model.Based on the data that has been obtained through the method of observation, interviews and learning outcomes conducted by researchers as well as collaborating with the IVB class homeroom teacher, it shows that in the pre-cycle there are low student learning outcomes with 50% of the 28 students not completing the KKM in science subjects. source of energy in class IVB SDN Pengadegan 07 South Jakarta, totaling 28 students consisting of 16 male students and 12 female students, in the first cycle the results of learning mastery were obtained which were assessed from the cognitive, there was a percentage of classical learning completeness was 71 % of 28 students with a classical average score of 80.4. Then in the second cycle, the percentage of classical mastery learning is 100% with an average classical value of 88. This indicates an increase in the percentage of classical mastery by 29% and an increase in the classical average value reaching 7.6.The results of this study indicate that the use of digital mind mapping media is able to improve the learning outcomes of students in class IVB at SDN Pengadegan 07 South Jakarta in science subjects for energy sources.
Keywords : Learning Outcomes, Science, Mind Mapping Digital
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kristianingsih, D. D., Sukiswo, S. E., & Khanafiyah, S. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Metode Pictorial Riddle Pada Pokok Bahasan Alat- Alat Optik Di Smp. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1), 10–13. https://doi.org/10.15294/jpfi.v6i1.1095
Novioleta, R., Wedyawati, N., Kurniati, A., Novioleta, R., Wedyawati, N., & Kurniati, A. (2020). Jurnal Pendidikan
Dasar Perkhasa Model Mind Mapping pada Pembelajaran Tematik. 6(April), 41–54.
Rizkyani, M., & Amelia, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Satuan Panjang Melalui Media Flash Card pada Siswa Kelas IIB SDN Kayuringin Jaya VI Bekasi. 141–148.
Sudjana, D. N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Pdf. PT Remaja Rosdakarya.
Sutanto, W. (2013). 1st Mind Map untuk Siswa, Guru dan Orangtua..pdf. PT Elex Media Komputindo.
Variani, & Agung. (2020). Model Pembelajaran Savi Berbantuan Media Mind Mapping Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 269. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26615
Wayan, D. I., & Ketut, S. I. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Media Whatsapp Untuk. 3(2). https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/bhuwana/article/view/956
Widiana, I. W. (2016). Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 147. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154
Yuliani, S. H., Prasetyo, T., & Mawardini, A. (2020). Pengaruh Metode Mind Mapping Pada Daur Hidup Di Kelas Empat. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(1), 31–44. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i1.2071
Yuliani, S. H., Teguh Prasetyo, & Mawardini, A. (2020). Pengaruh Metode Mind Mapping Pada Daur Hidup Di Kelas Empat. Sittah: Journal of Primary Education, 1(1), 31–44. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i1.2071
DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v12i2.1335
Article Metrics
Abstract view : 91 timesPDF - 34 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.