PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN DENGAN MEDIA LARTASATU PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Intan Nuraini, Arsyi Rizqia Amalia, Irna Khaleda Nurmeta

Abstract


ABSTRAK

Hasil penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui lebih dalam mengenai proses pembelajaran peningkatan keterampilan menulis permulaan siswa dengan mengaplikasikan Media Lartasatu. Objek penelitian kali ini akan terpaku pada siswa kelas II SDN Puncakbatu. Media Lartasatu kemudian digunakan dengan harapan dapat mengatasi isu keahlian menulis siswa terutama yang masih awam. Untuk mengambil datanya, teknik tes dan nontes akan digunakan dalam penelitian ini dimana teknik tes akan berupa hasil menulis permulaan siswa dengan mendeskripsikan hewan dan tumbuhan secara sederhana dalam bentuk tulisan dan teknik nontes akan berupa observasi aktivitas guru dan siswa selama proses belajar berlangsung. Hasil menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis permulaan yang bisa dilihat dari meningkatnya nilai siswa yang tuntas KKM pada siklus I sebesar 60% menjadi 100% di siklus II.

Kata Kunci: Menulis Permulaan, Media Lartasatu

 

ABSTRACT

The study aims to know more about the learning process of improving students' initial writing skills by applying Lartasatu Media. The object of this research will be focused on the second-grade students of SDN Puncakbatu. Media Lartasatu is then used to hope that it can overcome the issue of students' writing skills, especially for those who are still laymen. Test and non-test techniques will be used in this study, where the test technique will be in the form of students' initial writing results by having the students write a simple description of some animals and plants in the written form. In contrast, the non-test technique will be from observing the classroom activities between the teacher and the student during the learning process. The results show an increase in initial writing skills, which can be seen from the rise in the score of students who passed the KKM score in the first cycle by 60% to 100% in the second cycle.

KeywordsEarly Writing, Lartasatu Media


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, K., & Yonanda, D. A. 2018. Efektivitas bahan ajar berbasis kearifan lokal dalam model pembelajaran teknik jigsaw terhadap keterampilan menulis deskripsi. Visipena, 9(2), 385-395.

Anyan, A., Ege, B., & Faisal, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsoft Power Point. JUTECH : Journal Education and Technology, 1(1). https://doi.org/10.31932/jutech.v1i1.690.

Azhar Arsyad. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Erlitasari, N., & Dewi, U. 2017. Pengembangan Media Board Game Garis Bilangan Materi Biangan Bulat Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN Ngampelsari Candi Sidoarjo. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 1-12.

Hasanah, B. R., Murdiono, M., & Muryati, T. 2021. Peningkatan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung melalui Metode Guided Writing pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Educatif Journal of Education Research, 5(1), 118-127.

Herliana, I. C., & Heryanto, D. 2019. Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Kelas Ii Sd. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 155-166.

Imaliyah, Ayu, D. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Vii Mata Pelajaran Ips Di Smp Muhammadiyah 15 Lamongan. J-JPIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 4(2), 101. Diunduh di https://doi.org/10. 18860/jpips.v4i2.7314

Karim, K. H. 2016. Problematika pembelajaran menulis permulaan pada siswa sekolah dasar. PEDAGOGIK, 4(1).

Kemp dan Dayton. (1985:28). dalam kutipan Arsyad 2013 Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Garfindo Perasada.

Latae, A., Barasandji, S., & Muhsin, M. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Melalui Metode SAS Siswa Kelas 1 SDN Tondo Kecamatan Bungku Barat Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Online, 2(4).

Linggarsari, E. 2021. Meta Analisis Pembelajaran Berbasis Media Video Pembelajaran terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 122-128.

Melsi, A. 2015. Efektivitas Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Virus di kelas X Sekolah Menengah Atas Nusantara Indah Sintang Tahun Pelajaran 2015/2016.Skripsi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.

Naitili, C. A., Suardana, I. M., & Ramli, M. 2019. Penerapan metode struktural analitik sintetik untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(5), 660-667.

Nuryamah, I., & Sunarya, D. T. 2016. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Dalam Melengkapi Cerita Rumpang Menggunakan Media Gambar Dan Papan Bergaris. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 761-770.

Prabowo, A., Indrawadi, J., & Amrii, U. 2021. Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Menggunakan Media Gambar Flash Card dengan Pendekatan Saintifik Kelas Ii. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3219-3228.

Putri, F. W., Hartati, T., & Mulyasari, E. 2019. Penerapan Metode Sas Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 320-328

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Sadiman, dkk. 2012. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Susanto. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Taufina. 2016. Mozaik Keterampilan Berbahasa di Sekolah Dasar. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v13i2.1720

Article Metrics

Abstract view : 433 times
PDF - 118 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.