KORELASI TINDAKAN BULLYING DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR NEGERI 27 PAUH DESA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Nelly Wedyawati, Theodora Dayanti Inapeni Ratu Makin

Abstract


Tujuan penelitian yaitu mengetahui hubungan antara tindakan bullying dengan hasil belajar siswa kelas tinggi di Sekolah Dasar Negeri 27 Pauh Desa pada tahun pelajaran 2017/2018. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasi. Instrumen pengumpul data yaitu angket dan dokumentasi. Data akan dianalisis dengan uji statistik untuk menemukan korelasi diantara dua variabel. Hasil penelitian diperoleh yaitu: (1) tindakan bullying kelas tinggi Sekolah Dasar Negeri 27 Pauh Desa, untuk indikator bullying fisik di kelas IV memperoleh skor persentase sebesar 33,80%, di kelas V memperoleh skor persentase sebesar 32,97% dan di kelas VI memperoleh skor persentase sebesar 35,10%, sedangkan bullying verbal di kelas IV memperoleh skor persentase sebesar 41,26%, di kelas V memperoleh skor persentase sebesar 42,12% dan di kelas VI memperoleh skor persentase sebesar 37,84%. Selanjutnya bullying psikologis di kelas IV memperoleh persentase sebesar 24,93%, di kelas V memperoleh persentase sebesar 24,89%, di kelas VI memperoleh persentase sebesar 27,04%. (2) Rata-rata hasil belajar kelas IV sebesar 67,46, kelas V sebesar 66,33, Kelas VI sebesar 68,06. (3) nilai koefisien korelasi di kelas IV sebesar 0,206, artinya hubungan antar variabel rendah. Nilai koefisien korelasi di kelas V sebesar 0,783, artinya hubungan antar variabel kuat. Nilai koefisien korelasi di kelas VI sebesar 0,552, artinya hubungan antar variabel sedang. (4) nilai uji hipotesis di kelas IV dengan nilai signifikansi F change 0,462> 0,05 yang berarti tidak terdapat korelasi yang signifikan antara tindakan bullying dengan hasil belajar. Nilai uji hipotesis di kelas V dengan nilai signifikansi F change 0,001< 0,05yang berarti terdapat korelasi yang signifikan antara tindakan bullying dengan hasil belajar. Nilai uji hipotesis di kelas VI dengan nilai signifikansi F change 0,033<0,05 yang berarti terdapat korelasi yang signifikan antara tindakan bullying dengan hasil belajar. (5) koefisien determinan kelas IV nilai R square = 0,042 yang berarti sebesar 0,42% tindakan bullying mempengaruhi hasil belajar, di kelas V nilai R square = 0,614 yang berarti sebesar 61,4% tindakan bullying mempengaruhi hasil belajar dan kelas VI nilai R square = 0,305 yang berarti sebesar 30,5% tindakan bullying mempengaruhi hasil belajar.

Kata Kunci: Korelasi, Bullying dan  Hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Budang, P., Wedyawati, N., & Fransiska. (2017). Korelasi Pola Asuh Orang Tua Dengan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Tengadak. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa.

Dewi, N., Hasan, H., & AR, M. (2016). Perilaku Bullying Yang Terjadi Di SD Negeri Unggul Lampeuneurut Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 37-45.

Dwipayanti, I. A., & Indrawati, K. R. (2014). Hubungan Antara Tindakan Bullying Dengan Prestasi Belajar Anak Korban Bullying pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Udayana, 251-260.

Lestari, W. S. 2016. Analisis Faktor-Faktor Penyebab Bullying Di Kalangan Peserta Didik (Studi Kasus Pada Siswa SMPN 2 Kota Tangerang Selatan). Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah.

Priyatna, A. (2010). Let's End Bullying. Jakarta: PT Elek Media Komputindo.

Sinson, M., & Wedyawati, N. (2017). Analisis Sikap Belajar Siswa Kelas Tinggi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pegetahuan Alam (IPA). VOX Edukasi Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 22-29.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Surilena. (2016). Perilaku Bullying (Perundungan) pada Anak dan Remaja. Jurnal Departemen Psikiatri, 35-38.

Ulfiah. (2008). Penanganan Perilaku Bullying Siswa Melalui Konseling Model Pengembangan Komitmen Beragama. Jurnal Ilmiah Psikologi Pendidikan Dan Pengembangan.

Yayasan Semai Jiwa Amini. (2008). Bullying. Jakarta: PT Elek Media Komputindo.

Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Jurnal Penelitian & PPM, 129-389.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v10i1.357

Article Metrics

Abstract view : 1131 times
PDF - 586 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.