PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN MAHASISWA BERBASIS MODEL GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA

Eka Trisianawati, Handy Darmawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kualitas Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) materi ekosistem berbasis model guided inquiry menurut ahli materi dan ahli media, dan mengetahui peningkatan keterampilan proses sains mahasiswa setelah menggunakan LKM. Bentuk penelitian yaitu penelitian dan pengembangan (R & D).  Tahapan pengembangan tes yang digunakan mengacu pada prosedur pengembangan dariReiser dan Mollenda yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Berdasarkan hal tersebut maka tahapan-tahapan yang dilaksanakan dalam penelitian ini yaitu: (1) Tahap analisis, pada tahap ini dianalisis kebutuhan praktikum, analisis materi dan analisis kebutuhan peralatan, (2) Perancangan, pada tahap ini dilakukan pembuatan LKM sesuai dengan sintak model guided inquiry, (3) Pengembangan, pada tahap ini dilakukan validasi dan uji coba, (4) Penerapan, tahap penggunaan LKM, (5) Evaluasi, pada tahap ini diberikan tes untuk mengetahui keterampilan proses sains mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik komunikasi tidak langsung dengan alat pengumpul data lembar validasi dan tes keterampilan proses sains. Berdasarkan hasil validasi menunjukkan LKM memiliki kriteria baik dan rerata nilai keterampilan proses sains mahasiswa juga memiliki kategori baik.

 

Kata Kunci :  lembar kerja mahasiswa, keterampilan proses sains, ekosistem


Full Text:

PDF

References


Baharuddin. 2012. Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Multimedia Interaktif pada Mata Diktat Memasang Instalasi Penerangan Listrik, Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 219-227.

Ibrahim Bilgin. 2009. The effects of guided inquiry instruction incorporatinga cooperative learning approach on university students’achievement of acid and bases concepts and attitude toward guided inquiry instruction. Academic Journal. Vol.4 (10), p.1038-1046.

Nuryani Rustaman. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Kuhlthau Carol Collier, dkk. 2007. Guided Inquiry Learning in the 21st Century. Westport, Connecticut London: Libraries Unlimited

National Committee on Science Education Standards and Assessment. 1996. National Science Education Standards. USA. National Research Council. ISBN: 0-309-54885-X.

Satutik Rahayu. 2007. Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Metode Inkuiri Terbimbing dan Eksperimen Ditinjau Dari Sikap Ilmiah.Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v8i2.38

Article Metrics

Abstract view : 33 times
PDF - 46 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.