PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 BELIMBING

Mikha Mikha, Hilarius Jago Duda, Didin Syafruddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif melalui Penerapan Model Pembelajaran Konstektual pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Belimbing. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 3 Belimbing yang berjumlah 13 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang penerapan pembelajaran kontekstual pada materi Sistem Pencernaan Manusia terhadap peningkatan pada aktivitas belajar siswa yang dilihat pada siklus I pertemuan pertama 55,56%, pertemuan kedua 77,78%, Siklus II pertemuan pertama 94,44%, dan pertemuan kedua 100%. Motivasi siswa diperoleh rata-rata persentase sebesar 79,08% dengan kategori ”baik”. Hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan yang signifikan dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 61,50%, pada siklus I dan pada siklus II mengalami peningkatan ketuntasan belajar klasikal menjadi 92,30%. Respon siswa diperoleh rata-rata persentase sebesar 79,85% dengan kategori “baik”. Dari data tersebut dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Constextual Teaching and Learning dapat meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Belimbing.

 

Kata Kunci: Contextual Teaching Learning (CTL), Motivasi Siswa, Hasil Belajar Kognitif

Full Text:

PDF

References


Soegiyanti, A. (2012). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Siswa Kelas III SDN Nginden Jangkungan I / 247 Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya Tahun

Pelajaran 2011/2012. Jurnal Ilmiah. Volume 2. Nomor 1. Halaman 1-8.

Sudjana, N (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono.(2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.s

Suryabrata,S.(2003). Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. (2009). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.

Tim IPA.(2008). IPA Terpadu SMP 1,2 dan 3. Bogor: Yudhistria.

Trianto. (2000). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Alfabeta.

Tukiman, (2015). “Fektifitas Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Mata Pelajaran IPS dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Perilaku Prososial Siswa Kelas IX SMPN 2 Ponjong Gunung Kidul. Jurnal Mahasiswa UNS. Volume 1. Nomor 1. Halaman 1-24.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v8i2.51

Article Metrics

Abstract view : 22 times
PDF - 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.