PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI PROGRAM LINIER KELAS XI SMK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menguji pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kreatif. 2) mengidentifikasi aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model Creative Problem Solving. 3) mengidentifikasi motivasi belajar siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model Creative Problem Solvin. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri Monterado. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu kelas XI Pemasaran 22 siswa, XI Akuntansi 28 siswa, XI Administrasi Perkantoran 28 siswa dan XI Teknik Komputer dan Jaringan 28 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI Administrasi perkantoran sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Akuntansi sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain True Eksperimental Design. Soal yang diberikan berupa essay terdiri 4 soal dengan indikator berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir orisinal, dan berpikir terperinci yang telah diuji cobakan terlebih dahulu dengan validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data yang digunakan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kreatif menggunakan uji t, untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dengan menghitung persentase indikator aktivitas belajar siswa dan untuk mengetahui motivasi belajar siswa menggunakan rumus rata-rata indikator motivasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh model Creative Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi program linier kelas XI SMK Negeri 1 Monterado tahun ajaran 2016 - 2017. 2) Aktivitas belajar siswa baik pada model Creative Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi program linier kelas XI SMK Negeri 1 Monterado tahun ajaran 2016 – 2017. 3) Motivasi belajar siswa tinggi pada model Creative Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi program linier kelas XI SMK Negeri 1 Monterado tahun ajaran 2016 – 2017.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Creative Problem Solving, Kemampuan Berpikir Kreatif
Full Text:
PDFReferences
Budiana. 2012. Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Dahar, Ratna Wilis. 2006. Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. Penerbit Erlangga
Hamdani, Dedy.2013. Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Pada Mata Kuliah Telaah Kurikulum Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Semester III Prodi Pendidikan Fisika FKIP INUB.
Bengkulu: Jurnal Universitas Bengkulu
Khoiri, Wafik. 2013. Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kudus Pada Materi Segitiga. Semarang: Skripsi Universitas Negeri Semarang Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Jurusan Matematika
Mahmudi, A. 2010. Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Pada Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Kelas X SMA. Yogyakarta: Jurnal Universitas Yogyakart Rachmayani, Dwi. 2014. Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jakarta: Jurnal Pendidikan UNSIKA Volume 2 Nomor 1
Sunaryo, Yoni. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematik Siswa SMA Di Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan Tasikmalaya Vol. 1 No. 2, 2014
Suryanti, EF. 2013. Implementasi Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbasis Mind Mapping Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Matematika Siswa. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta
Syukur, Abdul. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Konsep Saling Ketergantungan Dalam Ekosistem. Surakarta: Universtas Sebelas Maret Surakarta
Sumiati dan Asra , 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima
Yuliana, Eli. 2015. Pengembangan Soal Open Ended Pada Pembelajaran Matematika Untuk Mengidentifikasikan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Zumaroh, Ayu.2013. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Underachiever Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa SD Negeri Pekunden Semarang. Skripsi Universitas Negeri Semarang Faklutas Ilmu Pendidikan Jurusan Bimbingan Dan Konseling
DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v8i2.39
Article Metrics
Abstract view : 2268 timesPDF - 1574 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.